Nyicil rumah bareng pacar adalah keputusan yang sangat pribadi dan tergantung pada keadaan pribadi dan budaya sekitarmu. Langkah ini adalah langkah yang signifikan bukan sekedari keputusan sambil lalu, karena langkah besar ini ibarat menunjukkan keseriusan dalam hubungan. Menurut Jimmy Kurniawan, Associate Director Galaxy Royal CBD secara legal tentu diperbolehkan untuk nyicil rumah bareng pacar. “Secara legal boleh, jadi saat berpacaran bisa memiliki properti dengan dua nama, kamu dan pacarmu”. Berikut beberapa hal yang harus kamu pertimbangkan sebelum memutuskan untuk nyicil rumah bersama pacar :

Komitmen: Pertama-tama, pertimbangkan sejauh mana kamu dan pacar telah berkomitmen satu sama lain. Membeli rumah bersama adalah langkah besar dan mengikat, jadi pastikan kalian berdua sudah siap.

Kepemilikan: Kamu perlu mempertimbangkan bagaimana kepemilikan rumah akan diatur. Apakah akan memiliki rumah bersama dalam bentuk bersama-sama atau ada pembagian kepemilikan yang berbeda? Masalah kepemilikan ini harus diperjelas diawal karena akan timbul masalah kalo salah satu ingin menjual properti. Harus mendapatkan persetujuan dari kedua belah pihak bila ingin menjualnya.

Pembayaran: Pastikan kamu dan pacar membuat perjanjian yang jelas tentang bagaimana biaya pembelian, hipotek, dan biaya sehari-hari akan dibagi. Ini termasuk masalah seperti uang muka, cicilan hipotek bulanan, pajak properti, dan biaya pemeliharaan.

Komunikasi: Komunikasi yang jujur dan terbuka antara sangat penting jadi pastikan kamu berbicara tentang harapan, tujuan, dan kebijakan keuangan sebelum membuat keputusan besar seperti ini.

Perjanjian tertulis: Buatlah perjanjian tertulis, seperti perjanjian kepemilikan bersama atau perjanjian pranikah, hal ini dapat membantu melindungi hak dan kewajiban masing-masing pihak.

Persiapan keuangan: Pastikan kalian berdua memiliki situasi keuangan yang stabil sebelum memutuskan untuk membeli rumah bersama. Ini termasuk memeriksa kredit, menabung untuk uang muka, dan merencanakan anggaran yang realistis.

Penting untuk diingat bahwa membeli rumah bersama adalah langkah serius dan memerlukan pertimbangan yang matang. Seperti dua sisi mata uang, ada keuntungan dan ada resiko yang harus diperhitungkan. Kamu juga bisa berkonsultasi dengan seorang ahli keuangan atau properti consultant Galaxy untuk mendapatkan nasihat yang lebih rinci dan spesifik tentang situasi ini. Segera hubungi kantor Galaxy terdekat (AT/2023)

Author

Write A Comment