Tanah adalah instrumen properti dimana Anda membeli sebidang tanah tanpa bangunan diatasnya. Yang sering diajukan oleh mereka yang ingin berinvestasi tanah adalah berapa harga pasaran tanah kavling di daerah tersebut, dan bagaimana potensi bisnis di lokasi tanah tersebut. Pertanyaan ini tentunya wajar karena investor tentu ingin menghasilkan ketika berinvestasi di suatu lokasi. Berikut sejumlah potensi keuntungan investasi tanah :

  • Mendapatkan Capital Gain. Keuntungan investasi yang didapat akibat adanya peningkatan harga dimana peningkatan harga biasanya terjadi setiap tahun. Besaran kenaikan harga ini tergantung dari lokasi tanah, dan fasilitas pendukung di sekitar lokasi seperti fasilitas umum dan fasilitas sosial di lingkungan tersebut. Selain itu pemerintah saat ini terus meningkatkan infrastruktur , hal ini tentu mempengaruhi capital gain sebuah tanah kavling. Misal ada jalan tol baru yang menghubungkan satu kawasan ke kawasan lain yang mempermudah akses maka harga tanah dapat naik dengan cepat.
  • Biaya Perawatan yang Low Cost. Investasi tanah sangat tepat karena minim biaya perawatan sehingga dapat memaksimalkan keuntungan dari capital gain yang didapat. Jika anda memiliki properti seperti rumah atau apartemen maka Anda harus membayar fix cost seputar biaya pemeliharaan, biaya lingkungan, biaya keamanan, biaya listrik dan air. Kalau hanya tanah, cukup keluarkan biaya membersihkan kavling seperti memotong rumput atau semak belukar.
  • Risiko Kehilangan Minim. Karena sifatnya aset tak bergerak, Anda tak perlu khawatir mengalami kehilangan investasi. Anda hanya perlu menyimpan dengan baik surat-surat kepemilikan di tempat yang aman agar suatu saat dapat dijual kembali. Jika diperlukan buatlah patok petunjuk bahwa tanah kavling itu milik Anda atau buatlah pagar pembatas untuk mengurangi risiko penyerobotan tanah oleh tetangga pemilik sebelah.
  • Dapat Menjadi Lahan Bisnis Baru. Jika tanah kavling Anda berada di kawasan wisata atau di tengah kota, Anda bisa memanfaatkannya untuk lahan bisnis kuliner, hotel atau penginapan. Tanah menjadi aset produktif yang dapat menghasilkan passive income, dan akan membantu masyarakat sekitar dengan adanya lapangan pekerjaan sehingga masyarakat sekitar dapat merasakan dampak positif.

Selain beberap hal diatas, Anda juga harus memperhatikan jangan membeli tanah kavling yang overpriced atau overvalued. Jika membeli tanah diatas harga pasar maka butuh waktu yang lama untuk Anda bisa menjualnya kembali. Bila dijadikan bisnis maka akan memperbesar modal Anda sehingga periode untuk BEP (break even point/balik modal) semakin panjang. Hubungi Property Consultant Galaxy untuk mendapatkan lokasi tanah kavling terbaik, atau segera hubungi kantor Galaxy terdekat. (AT/2021)

Write A Comment