Menjadi seorang Property Consultant yang sukses dalam artian banyak closing secara regular baik transaksi jual beli atau sewa adalah impian yang sangat bisa diwujudkan. Menurut Stefanie Castalie Managing Director Galaxy Chrima perlu banyak hal yang harus diperhatikan jika mau mendapat atau mencapai hal besar. Cita-cita untuk closing ratusan juta per tahun bahkan perbulan tentu harus dimulai dengan langkah-langkah kecil. Termasuk mau melakukan hal-hal sepele seperti menghubungi satu persatu database yang sudah disimpan di handpone.

Stefanie Castalie – Managing Director Galaxy Chrima

Selain melakukan banyak hal terkait daily activites sebagai seorang property consultant kamu juga harus melakukan perencanaan keuangan yang baik. Stefanie memberikan tips jika sudah mendapatkan komisi baik itu BLT atau komisi lainnya, janganlah lupa untuk mengatur keuangan tersebut. Karena menjadi seorang PC bukanlah seperti pekerja kantoran yang mendapatkan gaji rutin setiap bulan dengan nominal yang sama. Menjadi PC ada resiko jumlah pendapatan bulan ini tidak sama dengan bulan depan, bisa lebih besar atau sebaliknya. Disinilah diperlukan perencanaan keuangan dengan mengatur komisi yang masuk. Misalkan dari komisi Rp 20.000.000 langsung sisihkan 50% untuk kebutuhan sehari-hari, 20% untuk buget marketing/branding, 10% untuk bayar cicilan, 10% untuk investasi, dan 10% untuk life style.

Untuk mengetahui jumlah pengeluaran sehari-hari, sebaiknya lakukan pencatatan keuangan setiap ada transaksi yang dilakukan, bahkan untuk transaksi kecil seperti membayar parkir mobil atau sepeda motor saat meeting dengan calon buyer. Saat ini ada banyak fitur-fitur pencatatan keuangan yang bisa didownload , sekaligus kamu bisa buat anggaran keuangan sehingga kamu bisa punya asisten keuangan pribadi untuk mengingatkan pengeluaran sudah mulai over.

Sebagai seorang Property Consultant yang aktif memasarkan produk-produk properti, menurut Stefanie, wajib untuk mengalokasinya dana marketing karena ini juga terkait laku tidaknya produk. Budget iklan ini dapat dipergunakan di portal properti atau melalui Instagram Ad. Dalam acara Power Monday ini Stefanie juga menyampaikan buget marketing bisa digunakan untuk pemberian gift ke buyer yang sedang berulang tahun agar klien selalu mengingatmu . Entah suatu saat mereka membeli properti kembali melaluimu atau mereferensikan namamu ke kawan-kawan mereka yang juga sedang mencari properti.

Profesi property consultant sebaiknya tetap melakukan investasi. Tentu masih ingat ketika pandemi lalu semua sektor mengencangkan ikat pinggang termasuk properti yang pastinya pendapatan berkurang drastis. Ketika memiliki investasi, disinilah safety net untuk kita tetap survive. Bagaimana caranya? Pertama-tama dari pada menambah pengeluaran yang bersifat konsumtif, sebaiknya naikkan jumlah tabungan yang dialokasikan untuk investasi dari peningkatan penghasilan yang kamu dapatkan dari komisi. Investasi ini bisa melalu reksa dana, emas, saham dan juga bisa membeli properti seperti apartemen, rumah dan tanah. Investasi ini untuk mempersiapkan tujuan keuanganmu di masa mendatang. (AT/2023)

Author

Write A Comment