Kesehatan mental jadi tema yang makin menarik dibahas ditengah kehidupan yang serba cepat dan instan sekarang ini. Sehat tidak hanya fisik tapi juga mental, kedua komponen ini memang harus dijaga. Lalu apa hubungan antara rumah yang nyaman dengan kesehatan mental ? hubungannya sangat dekat, karena rumah bukan sekedar tempatmu beristirahat tapi juga menjadi tempat untuk meredakan stress dan mengisi waktu yang berharga dengan orang-orang yang kamu sayangi. Bagaimana mewujudkan rumah yang nyaman, berikut langkah-langkahnya :

Gunakan barang seperlunya. Membuang barang yang sudah tidak berfungsi seperti tumpukan dokumen, barang elektronik rusak hingga barang-barang kecil yang tidak disentuh selama 5 bulan terakhir. Gunakan barang seperlunya, tidak usah menumpuk misal mempunyai galon sampai 10 buah padahal penghuni rumah hanya 2 orang. Bayangkan galon berjejer seperti di toko, malah membuat pemandangan rumah tidak indah kan?

Dekor rumah sesuai seleramu. Menata rumah sesuai seleramu tentu bikin rumah makin nyaman. Pilihan furniture atau barang-barang dekor yang senada dengan tema, Misalkan untuk gaya minimalis tentunya dibutuhkan furniture yang hemat ruang bukan model klasik dengan banyak ukiran. Termasuk pemilihan cat dinding di dalam kamar tidur, atau di area bersama seperti ruang keluarga.

Buat area “me time”. Pilih area khusus di rumah yang bisa jadi areamu untuk me time, entah sudut di ruang keluarga atau teras belakang yang memungkinkan dirimu melepas stress sejenak sambil santai menikmati teh/minuman favorit sambil membaca. Ada orang yang menyukai melakukan meditasi sehingga membuat sudut kamar atau area di dalam rumah sebagai area khusus dan mendekornya khusus seperti di studio yoga.

Putar musik atau lagu dan aromaterapi. Mendengarkan musik atau lagu favorit adalah salah satu cara meredakan stress. Kamu bisa melengkapi kamar tidur dengan speaker bluetooth, atau sekedar menikmatinya dari playlist musik di HP. Menurut ahli mendengarkan musik akan mengurangi pelepasan hormon kortisol atau hormon stress dalam tubuh. Selain musik kamu bisa menyalakan aromaterapi dengan wangi favoritmu, seperti menikmati wewangian di spa yang akan membuat relaks seluruh tubuh.

Rumah nyaman tak harus besar, tapi rumah nyaman harus dirawat terus menerus. Bersihkan secara berkala, tak perlu bersih-bersih skala besar. Kamu bisa menjadwalkan dengan membuat agenda mingguan dan bulanan.

Sedang mencari rumah yang nyaman dan sesuai dengan impianmu? Langsung hubungi property consultant Galaxy atau kantor Galaxy terdekat untuk info lebih lanjut. (AT/2023)

Write A Comment