Menyediakan area bermain untuk anak di rumah sangat penting dan memiliki banyak manfaat, baik untuk perkembangan fisik, emosional, maupun kognitif anak. Bermain memang fase yang perlu dilewati anak-anak, karena dengan bermain baik bersama saudara atau teman-teman seusianya dapat membantu tumbuh kembang mereka. Selain bermain di dalam rumah, kamu bisa memanfaatkan halaman kosong di rumah yang disulap menjadi taman bermain anak. Yang harus kamu perhatikan untuk area bermain anak di rumah adalah sebagai berikut :

Pilih area bermain. Hal pertama yang perlu dilakukan adalah menyiapkan lahan jika kamu menginginkan area bermain di sisa lahan kosong rumah. Coba lihat seluruh area rumah, lalu tentukan tempat yang cocok digunakan sebagai ruang bermain anak. Pilih spot yang menghadap ke arah timur atau yang mendapatkan banyak cahaya matahari, kenapa ? Karena anak bisa bermain di area tersebut sambil berjemur dan mendapatkan sinar matahari pagi untuk mendapatkan vitamin D agar sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit. Kalau area yang dipilih didalam rumah, pastikan memiliki jendela besar sehingga sirkulasi udara dan cahaya dapat dengan baik masuk kedalam ruangan bermain tersebut.

Mengkonsep area bermain. Buat list apa saja yang dibutuhkan untuk membuat sebuah playground mini. Pikirkan jenis kegiatan yang mungkin dilakukan anak selama berada didalamnya. Jika diluar bisa menambahkan rerumputan atau membiarkan arena tersebut beralaskan tanah. atau menggunakan keramik bertekstur embossed agar tidak licin, permukaan yang matte dengan motif batu juga bisa digunakan untuk mempertegas kesan natural. Jika ruang bermain indoor, kamu bisa menggunakan gaya minimalis. Dengan cat dinding dan keramik yang netral ditambah furnitur yang berukuran sederhana. Dekorasi yang ditampilkan jadi simpel, serta tidak terdapat banyak barang di dalam ruangan. Tidak menutup kemungkinan meskipun kebanyakan konsep minimalis menggunakan warna netral, kamu tetap bisa memberi sentuhan colorful pada ruang bermain anak di rumah minimalis.

Memilih Jenis Permainan. Ruang bermain anak outdoor biasanya ada ayunan atau perosotan agar anak antusias. Dapat juga membuat satu kolam pasir kecil untuk sang buah hati. Jika ruangan indoor tentu bisa dikonsep dengan tema tertentu melalui wallpaper atau cat yang diaplikasikan di dinding. Misal untuk anak laki-laki bertemakan petualangan seperti bajak laut, princess, rumah pohon. Sedangkan untuk anak perempuan dilengkapi dengan kitchen set mainan dengan warna-warna dinding dan interior pendukung berwarna pink atau kuning.

Pastikan saat merancang area bermain untuk anak di rumah ada beberapa hal yang perlu diperhatikan :

  • Keselamatan: Pastikan semua mainan dan peralatan bermain aman dan sesuai untuk usia anak.
  • Variasi Aktivitas: Sediakan berbagai jenis mainan dan alat permainan untuk mendukung berbagai aspek perkembangan anak.
  • Ruang yang Cukup: Pastikan area bermain memiliki ruang yang cukup untuk anak bergerak bebas dan tidak terlalu sesak.
  • Kebersihan: Jaga area bermain tetap bersih dan rapi untuk mencegah risiko kesehatan.

Dengan memperhatikan hal-hal tersebut, area bermain di rumah dapat menjadi investasi yang berharga untuk kebahagiaan dan perkembangan anak. Bila mencari rumah untuk keluarga tercinta, pastikan mendiskusikannya dengan agen berpengalaman. Hubungi property consultant GALAXY untuk informasi seputar properti yang sesuai dengan kriteriamu. (AT/2024)

Author

Write A Comment