Menyewakan aset properti yang terbengkalai agar menghasilkan uang bisa menjadi alternatif pendapatan. Investasi rumah dengan menyewakan ini berarti harus rajin mengecek keadaan rumah. Apakah kondisinya masih bagus, apakah ada yang perlu diperbaiki. Rumah atau apartemen yang disewakan tentu punya potensi keuntungan tinggi, nah cara mudah sewakan propertimu itu dengan memperhatikan beberapa hal sebelum memutuskan menyewakan propertimu antara lain :

  1. Pastikan rumah dalam kondisi yang baik. Jika memang ada yang perlu direnovasi segera lakukan agar calon penyewa tidak merasa kecewa. Khusus untuk rumah atau apartemen yang sudah lama tidak ditempati sebaiknya lakukan pembersihan secara menyeluruh.
  2. Catat perabotan. Kamu bisa mencatat semua perabotan yang ada jika menyewakan rumah lengkap dengan perabot. Masukkan dalam klausal khusus mengenai perabot dalam perjanjian sewa.
  3. Pasang iklan. Bisa melalui media sosial atau marketplace, jangan lupa utnuk menyertakan gambar rumah yang berkualitas agar iklan menarik. Kamu juga bisa memasang spanduk di depan rumah yang disewakan lengkap dengan nomer telepon yang bisa dihubungi.
  4. Tentukan harga sewa jika rumah sudah siap disewakan. Kamu bisa cari perbandingan harga sewa dengan rumah dikawasan yang sama. Sehingga harga sewa tidak terlalu tinggi juga tidak terlalu rendah.
  5. Saring calon penyewa. Selalu tanyakan identitas lengkap penyewa dan latarbelakangnya, agar properti yang kamu sewakan tidak disalahgunakan.
  6. Perjanjian sewa. Selalu gunakan perjanjian sewa, kamu bisa melihat Peraturan Pemerintah No.44 tahun 1994 tentang penghunian rumah oleh bukan pemilik.
  7. Gunakan jasa Property Consultant Galaxy. Dengan menggunakan seorang property consultant maka akan membantu mu berhubungan dengan penyewa jika dalam periode sewa terjadi persoalan, baik yang terkait dengan administrasi maupun komplain tentang properti yang bersangkutan. Seorang property consultant juga berjasa sebagai saksi saat transaksi sewa berlangsung, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Jadi segera hubungi PC GALAXY untuk memasarkan properti, baik rumah, apartemen, tanah, dan gudang. (AT/2023)

Write A Comment