Ada sebuah studi yang dilakukan oleh Eric Galbraith seorang peneliti Institut Sains dan Teknologi Lingkungan dari Universitat Autònoma de Barcelona (ICTA-UAB) dengan melibatkan rakyat dengan ekonomi kecil di 19 negara 5 benua. Hasil studi itu menemukan hidup masyarakat itu puas meskipun memiliki sedikit uang. Lalu, apa itu definisi kebahagiaan?

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia kebahagiaan adalah suatu keadaan pikiran  atau perasaan kesenangan, ketentraman hidup secara lahir dan batin yang maknanya adalah untuk meningkatkan visi diri. Sementara menurut filsuf seperti Plato menyatakan orang yang membuat segala sesuatu yang membawa kebahagiaan bergantung pada dirinya sendiri, dan bukan pada orang lain, telah mengambil rencana terbaik untuk hidup bahagia. Semua orang menginginkan kebahagiaan, kemudian langkah-langkah apa yang yang harus dilakukan. Berikut ini 7 kebiasaan ini bikin kamu bahagia :

  1. Bersyukur. Mengembangkan kebiasaan bersyukur dapat meningkatkan perasaan bahagia. Mencatat hal-hal yang kamu syukuri setiap hari dapat membantu kamu fokus pada hal-hal positif dalam hidupmu. Setiap pagi mengawali aktivitas dengan rasa syukur, dan menjelang tidur bersyukur dengan apa yang didapat seharian tadi.
  2. Membantu Orang Lain. Melakukan tindakan kebaikan, entah itu membantu orang lain, mendonasi, atau menjadi sukarelawan, dapat memberikan perasaan puas dan bahagia.
  3. Melakukan Hobi. Melakukan yang jadi hobi, bisa olahraga atau aktivitas fisik lainnya dapat meningkatkan suasana hati dan mengurangi stres. Olahraga melepaskan endorfin, hormon yang dapat meningkatkan perasaan bahagia. Atau menyukai berkebun, naik gunung, bersepeda, dan sebagainya.’
  4. Membangun Hubungan Positif. Berinteraksi dengan orang yang kamu sayangi termasuk dengan keluarga dan teman-teman dapat memberikan dukungan emosional dan memperkuat ikatan sosial. Hubungan yang positif ini tentu adalah kebiasaan yang bikin kamu bahagia.
  5. Menerima Diri Sendiri. Kebahagiaan seringkali datang dari menerima diri sendiri apa adanya. Ini berarti berhenti membandingkan diri dengan orang lain dan menghargai diri sendiri dengan segala keunikannya.
  6. Work Life Balance. Terlalu banyak pekerjaan atau stres dapat mengurangi kebahagiaan. Menjaga keseimbangan yang sehat antara pekerjaan dan kehidupan pribadi dapat membantu kamu merasa lebih puas. Work life balance ini bisa dengan makan yang sehat, olahraga rutin, tidur cukup, traveling dengan keluarga/teman atau sendirian juga bisa membuatmu bahagia.
  7. Terus Belajar dan bertumbuh: Terus belajar dan mencari pengalaman baru dapat memberikan rasa tujuan dan kebahagiaan. Bisa dimulai dengan membaca buku, mengikuti kursus/training untuk meningkatkan skill yang berguna di pekerjaan atau hobimu, atau bisa menjelajahi hobi baru. Ini adalah cara yang bagus untuk terus bertumbuh. Karena sampai kapanpun, usia berapun manusia dapat terus belajar, ini membuat kemampuan otak tetap optimal.

Ingatlah bahwa orang yang melakukan secara rutinkebiasaan-kebiasaan yang bikin bahagia bisa melihat kehidupan dalam kacamata yang selalu optimis dan melihat masa depan sebagai suatu tantangan yang akan membangun. Hidup adalah proses yang harus selalu dijalani sebaik-baiknya. Selamat Berbahagia ! (AT/2024)

Author

Write A Comment