Liburan akhir tahun biasanya dinantikan oleh semua orang, momen spesial untuk berkumpul dengan keluarga dan orang tersayang menikmati suasana yang berbeda. Tidak dikejar-kejar deadline pekerjaan, tidak ada kesibukan dan rutinitas, karena semua sedang berlibur. Tujuan liburan sudah disusun sedemikian rupa tapi kadang karena keterbatasan buget ada banyak hal yang harus disesuaikan. Nah berikut ini tips liburan akhir tahun buat kamu dengan buget terbatas :

Pilih Destinasi yang Terjangkau. Pilih destinasi yang biayanya lebih terjangkau, misalnya kota atau tempat wisata lokal yang tidak memerlukan biaya transportasi yang tinggi. Kamu bisa menjelajahi tempat-tempat menarik di sekitar tempat tinggal. Kadang-kadang, petualangan lokal dapat menjadi sama menyenangkan dan berkesan.

Pencarian Promo dan Diskon. Manfaatkan promo, diskon, dan penawaran khusus. Cari tiket pesawat, akomodasi, dan paket liburan dengan harga terendah melalui aplikasi travel atau situs web dan agen perjalanan.

Pilih Akomodasi yang Terjangkau. Menginap tidak selalu harus di hotel berbintang lima. Kamu bisa memilih akomodasi yang lebih terjangkau, seperti hostel, guesthouse, atau Airbnb. Mungkin juga pertimbangkan untuk berkemah jika memungkinkan, karena saat ini semakin banyak tempat wisata yang menyediakan penginapan dengan model kemah dan juga glamping.

Transportasi Publik. Kalau biasanya naik pesawat menuju kota tempat berlibur, sekarang saatnya menggunakan transportasi publik daripada taksi atau sewa mobil. Kereta api, atau bus malam bisa menjadi cara yang lebih hemat untuk menuju destinasi. Sekaligus mengajak anggota keluarga yang masih anak-anak untuk mengenal langsung moda transportasi darat.

Bawa Bekal Sendiri. Apabila rencana liburan akhir tahun cukup pendek tak ada salahnya membawa bekal dan minuman sendiri, terutama jika kamu pergi ke tempat-tempat wisata yang tidak memiliki banyak opsi makanan yang terjangkau. Lakukan riset terlebih dahulu lokasi kuliner yang kamu inginkan, cek menu dan harga apakah sesuai buget harian liburan. Apakah ada alternatif tempat makan yang khas kota tersebut tapi dengan harga yang lebih terjangkau

Packinglah dengan cermat. Saat berlibur tips liburan akhir tahun yang juga harus dilakukan adalah bila pergi berombongan. Sebaiknya hindari membawa pakaian atau barang-barang yang tidak diperlukan. Bawa pakaian seperlunya demikian pula untuk toiletries. Baju yang dibawa sebaiknya yang mudah dipadukan misal warna-warna netral, dan cocok untuk berbagai suasana.

Ingatlah untuk mempertimbangkan kebijakan perjalanan dan kondisi keamanan terkini . Pilihlah destinasi yang sesuai dengan situasi dan kenyamanan pribadi. Selamat memilih destinasi dan menikmati liburan akhir tahun! (AT/2023)

Author

Write A Comment