Pilihan mobil bagi generasi milenial sangat dipengaruhi oleh kebutuhan, gaya hidup, dan nilai-nilai yang dipegang. Beberapa faktor yang sering dipertimbangkan oleh milenial dalam memilih mobil adalah efisiensi bahan bakar, teknologi canggih, desain yang menarik, dan harga yang terjangkau. Mobil Listrik (EV) saat ini memang semakin diminati, karena banyak generasi milenial yang peduli dengan lingkungan dan keberlanjutan. Mobil listrik seperti Tesla dan produsen mobil lain yang fokus pada EV kemungkinan akan semakin populer.

Berikut ini rekomendasi mobil buat keluarga muda atau milenial :

  1. Honda CR – V Hybrid. Mobil yang pertama kali muncul di China ini, telah resmi di pasarkan di Thailand pada Maret lalu. Dengan kombinasi mesin 2.0 liter plus dua motor listrik dengan teknologi anyar maka performanya meningkat tajam. Walau demikian, mesin konvensional turbo berkapasitas 1.5 liter tetap dipertahankan di CR-V 2023 atau Gen-6. Untuk itu tetap ada penyegaran supaya lebih ramah lingkungan dan suara mesin direduksi agar tidak terlalu berisik.
  2. Mazda CX 60 Hybrid. Mobil terbaru Mazda untuk pasar Indonesia ini mengambil basis Sport Utility Vehicle (SUV) dan akan menjadi mobil hybrid pertama EMI di Indonesia. Sekadar informasi, Mazda CX-60 sudah meluncur secara global sebagai SUV pertama brand asal Jepang tersebut yang memiliki teknologi Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV). Mobil ini mengusung mesin bensin 2.500 cc naturally aspirated dengan motor elektrik. Mesinnya diklaim dapat menghasilkan tenaga 189 hp di 6.000 rpm dan torsi 261 Nm di 4.000 rpm. Harga Mazda CX-60 tembus Rp 1 miliaran.
  3. Hyundai Ionic-6. Mobil listrik ini memiliki jarak tempuh istimewa, mencapai 614 Km dalam satu kali isi baterai sampai penuh. Dengan begitu, kira-kira kamu bisa melaju dari Jakarta hingga Surabaya tanpa perlu cas mobil. Untuk fitur mirip-mirip dengan Ioniq 5 yang sudah pakai smart cruise control, V2L, dan berbagai keunggulan lain. Harga Hyundai Ioniq 6 bisa tembus Rp 1 miliar untuk varian tertinggi.
  4. Mitsubishi Xpander Hybrid. Xpander Hybrid bakal menggunakan mesin berteknologi e-Power dari Nissan. Hal ini dimungkinkan, lantaran Nissan dan Mitsubishi memang punya aliansi, terbukti dari kehadiran Livina yang =berbasis Xpander. Maka dari itu, bukan tidak mungkin Livina dan Xpander terbaru yang meluncur nanti dapat mesin hybrid e-Power. Kalau benar, maka rasa berkendara Xpander Hybrid bakal mirip mobil listrik, lantaran roda digerakkan langsung oleh motor elektrik. Sementara mesin bensinnya cuma berfungsi sebagai generator untuk isi ulang baterai.
  5. Wuling Alvez. Wuling Alvez resmi dirilis pada event Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023 lalu. Mobil Cina dengan segmen Sport Utility Vehicle (SUV) hadir dengan tiga varian. Mobil SUV ini mengadopsi mesin tanpa turbo, dimana mesin yang digunakan sudah Euro 4 berkubikasi 1.485 cc naturally aspirated, inline-4 cylinder, DVVT, DOHC yang dikombinasikan dengan pilihan transmisi otomatis CVT untuk varian EX dan CE. Sementara Alvez SE cuma tersedia dalam transmisi manual 6-percepatan. Hasilnya, kombinasi mesin dan transmisi Alvez tersebut diklaim mampu menghasilkan tenaga maksimal 105 hp pada 5.800 rpm serta torsi puncak di angka 143 Nm pada putaran mesin 4.000-4.600 rpm.

Perlu diingat bahwa tren mobil selalu berubah, dan seiring waktu, ada kemungkinan munculnya mobil-mobil baru yang menarik bagi kalangan milenial. Sebelum memutuskan untuk membeli mobil, selalu lakukan riset mendalam dan pertimbangkan kebutuhan serta preferensi pribadimu.

Author

Write A Comment