Memiliki lahan kosong tapi tidak dimanfaatkan sungguh disayangkan. Padahal lahan yang kosong ini akan mendatangkan cuan jika dimanfaatkan dengan pas. Apa saja yang harus dilakukan yaitu:

  1. Membangun Batas Area Lahan Yang Dimiliki. Beri pembatas yang jelas disekeliling lahan, hal ini berguna untuk menunjukkan secara akurat batas lahan yang kita miliki dan lahan miliki orang lain. Pembatas ini juga menunjukkan bahwa lahan itu masih diperlukan sehingga menghindari pemanfaatan liar oleh orang yang tidak bertanggung jawab.
  2. Gunakan sebagai Lahan Parkir. Jika lahan yang Anda miliki berada di lokasi strategis, ini dapat menjadi peluang untuk menggunakannya sebagai lahan parkir. Bisa disewakan berupa lahan kosong pada oenduduk setempat yang tidak memiliki lahan parkir. Misal lahan Anda cukup untuk 6 mobil, dengan biaya sewa Rp 300.000/bulan, maka anda dapat mengantongi Rp 1.8 Juta per bulannya. Kalau lahan lebih besar dan bisa ditempati sepuluh kendaraan atau lebih maka akan semakin banyak passive income yang diperoleh.
  3. Jadikan Lahan Apotek Hidup. Obat alam atau herbal sekarang ini semakin dicari, karena khasiatnya tidak kalah dengan obat pabrikan. Memanfaatkan lahan kosong untuk mengembangkan obat-obatan herbal lalu menjualnya secara online sekarang ini sudah semakin banyak peminatnya.
  4. Membuat Industri Kecil. Lahan kosong bisa digunakan untuk lokasi pengembangan UMKM. Anda bisa menawarkan kerjasama kepada orang yang sudah memahami industri yang akan dibangun. Selain mendatangkan tambahan income, juga sebagai sarana membuka lapangan pekerjaan.
  5. Lahan Budi Daya Ikan. Lahan kosong bisa dimanfaatkan untuk kolam budi daya ikan seperti lele, mujair dan nila. Anda bisa menggandeng pihak yang sudah paham soal budidaya ini. Lakukan pembagian yang proporsional dan adil, sehingga sama-sama diuntungkan dan lahan kosong Anda menjadi produktif.
  6. Jadikan Rumah Kos-Kosan. Apabila lahan Anda terletak dikawasan strategis dekat dengan kampus atau area perkantoran, tentu bisa dimanfaatkan untuk rumah kos-kosan. Rumah kos relatif lebih disukai karena harnya lebih murah dibandingkan apartemen. Memang fasilitas yang ditawarkan berbeda namun yang terpenting bisa dimanfaatkan untuk tidur, makan, dan aktivitas sehari-hari. Anda sebagai pemilik kos juga bisa memanfaatkan usaha ini sebagai investasi jangka panjang, mengingat harga tanah cenderung naik dari tahun ke tahun. (AT/2021)

Write A Comment