Media sosial sejak kemarin diramaikan dengan berita WNI membeli rumah di kawasan elit Nassim Road Singapura. Bukan satu unit tapi 3 sekaligus rumah bungalow dengan harga mencapai Rp 2.27 triliun. Kawasan ini memang menjadi salah satu pemukiman elite di Singapura karena ada banyak pesohor yang juga tinggal disana.  Tereletak di jantung kepadatan Singapura kawasan ini diapit oleh dua tempat wisata unggulan yakni Orchard Road dan Singapore Botanic Gardens. Seluruh rumah di kawasan Nassim Road ibarat bungalow kelas atas, dimana jalan-jalannya dipenuhi pepohonan, dengan pagar tinggi setiap rumah yang ada disana.

Harga properti di Singapura  nyaris sama dengan harga properti di New York. Dalam laporan The Wealth Report 2023 dirilis harga properti New York di posisi ke-3 dari 20 kota besar sementara Singapura di posisi ke-4. Dengan dana sebesar Rp 15 Miliar hanya mendapatkan apartemen  sekitar 34 meter persegi di Singapura. Jadi harga per meter disana setara dengan Rp 442 Juta, harga ini lebih mahal dibandingkan dengan harga di London.

Lalu apakah masih memungkinkan membeli properti di Singapura dengan budget dibawah Rp 15 Miliar tadi ? Jawabnya tentu bisa. Saat ini harga rumah di sana terendah di kisaran SGD 1.000 per square feet atau Rp 95-100 Juta/meter persegi dengan hak guna 99 tahun dan lokasi di luar pusat kota. Singapura secara geografis dibagi menjadi 3 zona yakni Core Central Region (CCR), Rest Of Central Region, dan Outside of Central Region (OCR). CCR ini yang banyak disukai karena dekat dengan orchad, Marina Bay, Tanglin, Newton. Harganya pun tertinggi bisa mencapai Rp 250-500 Juta per meter persegi. Di area RCR meliputi kawasan Tiong Bahru, Kallang, Toa Payoh, Book Keng, harga per meternya di kisaran Rp 150-200 Juta. Sementara area OCR harga per meter perseginya adalah Rp 100-150 Juta. Kawasan ini meliputi daerah Sengkang, Kovan, Bedok, Tanah Merah, Jurong, Clementi, Woodlands, Yishun.  

Urban landscape Singapore dilihat dari Pulau Sentosa

Membeli properti di luar negeri berarti investasi jangka panjang, apalagi di negara yang memang propektif seperti Singapura. Cara beli properti di Singapura ala Crazy Rich untuk keperluan investasi propertimu, silahkan menghubungi Property Consultant Galaxy. Kami sudah berpengalaman belasan tahun dalam membantu WNI yang ingin mendapatkan properti luar negeri idaman mereka, tidak hanya Singapura namun juga di Spanyol, London, Singapura, Dubai, dan lain sebagainya.

Author

Write A Comment