Bulan April lalu BMKG mengungkap suhu panas di Indonesia karena kondisi atmosfer yang tidak seperti biasanya ditambah kondisi gelombang panas di wilayah Asia yang dipengaruhi gerak semu matahari. Heatwave ini karena pemanasan global dan perubahan iklim yang terjadi di Bumi.

Gerah, itulah yang dirasakan banyak orang. Tidak heran penggunaan Air Conditioner (AC) makin tinggi, pendingin ruangan menyala terus menerus. Kalau dulu nyala malam saat mau tidur, sekarang sudah menyala dari siang. Nah ini tentu membuat tagihan listrik membengkak. Lalu bagaimana mengatasi ini, berikut tips hemat AC dan listrik saat cuaca panas :

  • Belilah AC yang hemat energi. Kamu bisa pilih AC split yang dilengkapi kompresor yang menggunakan listrik lebih kecil sehingga dapat menghemat tagihan listrik
  • Aturlah suhu AC ruangan sesuai kebutuhan. Suhu ideal biasanya 23 – 25 derajat celcius. Gunakan mode cool, sehingga ruangan menjadi cepat dingin. Jangan langsung menggunakan suhu paling rendah langsung ke 19 derajat karena AC akan bekerja lebih keras. Turunkan suhunya bertahap dengan jeda 10 menit setiap satu derajat sampai suhu yang diinginkan
  • Rutinlah membersihkan filter AC. Sebaiknya 1-3 bulan sekali bersihkan filter AC namun ini tergantung pemakaian AC apakah setiap hari atau hanya hari tertentu.
  • Atur Fan speed AC kekecepatan maksimal. Biasanya ada pengturan kipas dari rendah, sedang dan tinggi. Biar suhu ruangan makin dingin ubah seting kipas ke kecepatan tinggi.
  • Jangan menyalakan dan mematikan AC terlalu sering. Nah biasanya kalau ruangan ber-AC sudah dingin kita akan segera mematikannya. Lalu saat udara panas akan dinyalakan lagi. Hal ini justru membuat AC bekerja keras dan akhirnya menyerap daya listrik yang makin besar sehingga tagihan listrik makin melonjak.

Selain memilih AC yang tepat, kamu pun harus memilih rumah yang tepat agar udara didalamnya mengalir lancar. Pilihlah rumah dengan sirkulasi udara dan cahaya yang baik sehingga penghuninya akan nyaman sepanjang hari. Ingin mendapatkan rumah semacam ini dan tinggal di perumahan ? Hubungi property consultant Galaxy atau hubungi kantor Galaxy terdekat.

Author

Write A Comment