Indonesia menargetkan di 2030 telah tersedia 600.000 unit mobil listrik, truk listrik, dan bus listrik untuk kebutuhan dalam negeri. Sementara 3 juta unit kendaraan roda dua juga dapat diproduksi. Kebutuhan akan energi baru dan terbarukan memang terus dikampanyekan, termasuk dalam acara G20 di Bali tahun lalu. Mobil listrik digunakan sebagai kendaraan resmi KTT G20. Hal ini juga menunjukkan komitmen Indonesia agar emisi gas rumah kaca turun pada 2030 mencapai 29% dan diharapkan di 2060 emisi net-zero.    Saat ini Norwegia menempati posisi pertama sebagai negara dengan jumlah mobil listrik terbanyak mencapai 75% dari pangsa kendaraan listrik plug in. Pemilik mobil listrik disana dibebaskan dari pajak.

Sejumlah perusahan dari berbagai negara akan masuk ke Indonesia untuk berinvestasi dalam industri baterai mobil listrik. Tahun 2021 lalu perusahaan asal Korea Selatan telah membangun pabrik baterai motor listrik di Karawang Jawa Barat. Pemerintah membuka kesempatan untuk perusahaan-perusahaan besar dari negara maju untuk ikut dalam pergerakan industri kendaaraan listrik. Peraturan Presiden No.55/2019 telah diterbitkan untuk mempercepat penerapan program kendaraan bermotor listrik berbasis baterai di Indonesia. Salah satu perusahaan Taxi di Indonesia telah menggunakan kendaraan bermotor listrik dalam armadanya, demikian pula dengan ojek online. Sejumlah pameran otomotif tahun ini juga menampilkan banyak kendaraan listrik.

Yang membuat mobil ataupun motor listrik makin diminati karena sejumlah keuntungannya antara lain :

Tidak Bising. Suara yang dikeluarkan kendaraan listrik tetaplah ada karena memang dirancang bersuara demi keselamatan pengguna jalan lainnya,  namun suara tersebut tidaklah  bising.

Lebih Hemat. Harga bahan bakar minyak makin mahal karenanya menggunakan listrik lebih murah jika dibandingkan menggunakan BBM untuk jarak tempuh yang sama. Selain hemat BBM juga hemat pajak dibandin kendaraan konvensional. Kendaraan hybrid dan listrik dapat insentif pajak PPnBM karena emisi rendah.

Pengisian lebih Mudah. Pengisian daya baterai kendaraan listrik bisa dilakukan di rumah, itu artinya menghemat biaya dan menghemat waktu.

Menggunakan kendaraan listrik berarti mengurangi ketergantungan bahan bakar. BBM yang dipakai sekarang ini adalah dari sumber daya yang tidak bisa diperbaharui. Minyak semakin langka  dan akan semakin jadi perebutan sehingga harga semakin mahal. Apakah sekarang kamu sudah siap untuk memiliki kendaraan listrik pertamamu ?

Author

Write A Comment