Rumah adalah kebutuhan yang dinamis, kenapa demikian karena rumah yang kamu miliki sekarang dan dianggap sudah memenuhi kebutuhan serta kenyamananmu bisa saja di kemudian hari tidak lagi nyaman sehingga perlu mencari rumah baru. Keinginan untuk mencari rumah baru atau pindah dari rumah sekarang yang ditempati tentu tidak ada larangan. Barangkali ada penambahan anggota baru didalam keluarga sehingga menuntut ada ruangan yang lebih banyak dan tetap lega secara luas.

Itulah kenapa banyak orang yang beranggapan beli rumah pertama pastilah rumah impian pemiliknya dan cukup sampai memenuhi kebutuhan di masa sekarang ini. Pertimbangan jangka pendek ataupun jangka panjang memang harus dipikirkan masak. Pertimbangan emosional pasti mempengaruhi apalagi jika kamu sudah berpasangan. Suami ingin rumah dengan lahan kosong yang luas untuk meneruskan hobi bercocok tanam, sementara Istri menyukai rumah dengan taman kecil sederhana karena tak perlu perawatan yang rumit. Pilihan suami istri tadi adalah preferensi yang diolah dalam proses kognitif yang bertahun-tahun, tidak muncul dalam 1 – 2 hari saja. Hal-hal yang harus dibicarakan apabila kamu sudah berpasangan, sehingga pilihan mencari rumah pertama bukan saja tentang impian istri atau impian suami, namun rumah pertama yang memang menjadi impian bersama dan dapat memenuhi kebutuhan penghuninya sekarang dan di masa yang akan datang.

Dalam kehidupan yang serba cepat dan efisien seperti sekarangpun, memilih rumah pertama harus mempertimbangkan rasionalitas. Yang sudah berpasangan pun harus memutuskan apakah membeli rumah pertama secara cash atau KPR, karena tagihan sudah menumpuk didepan mata. Work life balance sering menjadi prioritas orang muda jaman sekarang. Bekerja tanpa healing (baca:jalan-jalan) adalah percuma, traveling menjadi mandatory. Padahal cicilan rumah tidak ringan begitu juga cicilan-cicilan lain yang juga masuk prioritas. Hitunglah dengan detail pemasukan dan pengeluaranmu  apabila menginginkan membeli rumah impian yang juga rumah sesuai kebutuhanmu.

Apakah Rumah pertama yang dicari adalah rumah impian atau rumah yang didasarkan kebutuhan semua memiliki konsekuensinya masing-masing. Buatlah pilihan rumah yang menjadi incaranmu, dari sisi lokasi, akses, fasilitas, dan sebagainya lalu buat kriteria prioritas. Syukur-syukur rumah yang kamu impikan sudah memenuhi kebutuhanmu jangka panjang sehingga rumah pertama memang tidak akan ditinggalkan.

Pastikan menghubungi property consultant Galaxy untuk mendapatlan rumah pertama impianmu yang memenuhi kebutuhan semua keluarga tercinta.

Author

Write A Comment