Rumah dapat dikatakan sebagai kebutuhan primer, sehingga banyak orang yang ingin memiliki rumah baik rumah baru ataupun rumah second (bekas). Walaupun keduanya sama-sama memenuhi kebutuhan, tetap ada kelebihan dan kekurangan yang harus dipertimbangkan ketika memilihnya.

Dengan membeli rumah baru kamu dapat menyesuaikannya dengan selera pribadi. Karena ada banyak pilihan tentunya yang ada dipasaran, mulai dari rumah kecil atau besar, ada yang 1 lantai atau 2 lantai, 2 kamar atau 3 kamar. Di perumahan-perumahan yang baru sering kali kita jumpai jaminan keamanan melalui CCTV. Sehingga keamanan lebih terjamin, apalagi sekarang ini banyak perumahan dengan kelompok-kelompok kecil (cluster). Dengan lingkungan yang belum terbentuk bisa saja menempati rumah tanpa ada tetangga kanan kiri, sehingga cenderung sepi. Jaminan keamanan 24 jam tentu sangat membantu. Saat ini pun dengan membeli rumah baru biasanya sudah termasuk jaminan garansi atau asuransi sehingga jika ada kerusakan, bisa langsung mengajukan klaim ke pihak developer.

Sementara dengan membeli rumah seken (bekas), biasanya mendapatkan harga lebih murah dibanding rumah baru dengan spesifikasi yang sama. Jika memakai KPR untuk membeli rumah tentunya bank akan melakukan appraisal terhadap rumah tersebut. Dengan membeli rumah bekas, kamu sudah mendapatkan lingkungan yang terbentuk, artinya area disekitar rumah biasanya sudah lengkap ada sekolah dan tempat ibadah. Letak rumah yang dekat dengan aktivitas sehari-hari tentu sangat menguntungkan karena biaya akan jadi lebih murah. Kamu dapat menempuhnya dengan transportasi umum, termasuk anak-anak kelak bisa dengan mudah mengakses transportasi tersebut sehingga tak perlu mengantar jemput. Dekat dengan supermarket atau pasar, yang memudahkan untuk berbelanja kebutuhan dapur. Banyaklah bertanya kepada warga sekitar, mereka yang lebih paham. Atau bertanya dan diskusi lebih jauh dengan properti konsultan yang mengurus pembelian rumah. Saat membeli rumah bekas biasanya sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas utama seperti jaringan listrik, air, telepon, bahkan perabotan rumah tangga.

Tetaplah cermat dalam memilih rumah second, karena jika ada kondisi yang butuh perbaikan maka harus siap dengan biaya renovasi. Material bangunan rumah bekas biasanya sudah berumur cukup lama dan membutuhkan pergantian yang tidak sedikit. Hubungi property consultant Galaxy untuk mendapatkan rumah idamanmu, baik rumah baru dari developer atau rumah second. (AT/2023)

Author

Write A Comment