Yogyakarta banyak berbenah dan telah banyak berubah. Pembangunan hotel, apartemen dan pusat perbelanjaan terus terlihat disana sini. Belum lagi rencana pembangunan dua jalur Tol yang mencakup Tol Yogyakarta – Bawean dan Solo – Yogyakarta – Kulon Progo (bandara). Untuk harga tanah di Yogyakarta sekarang ini menjadi salah satu yang tertinggi di Indonesia setelah Bali dan Jakarta. Yogyakarta adalah salah satu kota populer di Indonesia dengan pertumbuhan ekonomi yang relatif stabil, sehingga permintaan akan rumah dapat meningkat seiring dengan peningkatan pendapatan dan pertumbuhan populasi.

Perekonomian yang baik dan stabil tentu mempengaruhi daya beli masyarakatnya dan meningkatkan permintaan akan rumah, yang pada gilirannya dapat menyebabkan kenaikan harga. Namun jika lahan yang tersedia terbatas sementara permintaan tetap tinggi, harga properti cenderung meningkat karena permintaan yang tinggi namun pasokan yang terbatas.

Beberapa waktu lalu Sultan Hamengku Buwono X selaku Gubernur DIY mengatakan harga tanah terus melambung, sehingga tak jarang warga Yogya sendiri tak mampu membeli rumah. Banyak orang-orang luar Yogya yang membeli tanah tanpa menawar. Termasuk yang berada di area Sleman, seperti kecamatan Tempel dan Turi harga per meter sudah di Rp 2 Juta – Rp 3 Juta. Untuk daerah depok yang relatif lebih ramai dan dekat kampus, sudah menyentuh Rp 7 juta per meter. Untuk daerah kota, properti yang berada di tengah tentu lebih mahal. Harga per meter bisa menyentuh di Rp 25 Juta dengan lokasi yang strategis. Sementara itu Sultan Ground atau tanah milik Kasultanan kedepannya akan dibangun gedung bertingkat atau rumah susun. Agar bisa digunakan warga Yogya untuk tinggal, mereka cukup keluarkan biaya murah untuk perawatan bangunan.

Beberapa hal yang berkontribusi membuat harga properti di Yogya mahal adalah dikarenakan keberadaan kota ini sebagai kota wisata, dan kota pendidikan sehingga mendorong permintaan akan akomodasi dan hunian juga semakin tinggi.

Jika kamu ingin mencari tanah atau properti yang digunakan untuk investasi atau untuk digunakan sendiri, jangan ragu untuk menghubungi kantor Galaxy Malioboro yang berlokasi di jalan C. Simanjutak Terban Yogyakarta, atau hubungi no telepon 082134821282.

Author

Write A Comment