Saat ini mendapatkan rumah di perkotaan memang butuh pertimbangan. Karena harga yang relatif lebih mahal daripada rumah di pinggiran. Solusi untuk harga rumah yang tinggi ini adalah dengan membeli menggunakan KPR. Namun untuk membeli tetap harus memberikan DP atau uang muka. DP rumah enaknya besar atau kecil? Jika mengacu pada peraturan Bank Indonesia, sejak tahun 2018 ada aturan mengenai ketentuan uang muka minimal untuk rumah pertama. Setiap bank memiliki DP KPR yang berbeda-beda untuk pembelian rumah pertama ada yang KPR DP 0%, 5% hingga 10%. Dan BI juga menurunkan uang muka KPR rata-rata 5% bagi kepemilikan kedua dan seterusnya. Rata-rata orang awam berpikir kredit rumah dengan DP kecil maka cicilan besar atau DP besar maka cicilan kecil. Semuanya sih sah-sah saja karena pasti punya kelebihan dan kelemahannya masing-masing.

DP Besar – Cicilan Kecil

Semakin besar jumlah DP yang diberikan semakin kecil pula cicilan yang harus dibayar per bulannya. Sehingga beban cicilan dan beban bunga bisa berkurang. Penghasilan yang lain bisa dialokasikan untuk keperluan lain. Dengan DP yang besar maka otomatis cicilan jadi cepat lunas.  Dan biasanya pihak bank kemungkinan besar menyetujui pengajuan KPR apabila DP besar. Namun disisi lain apabila DP besar, dan kondisi keuangan pas-pasan, kamu akan butuh waktu agak lama untuk menabung DP. Hal itu berarti butuh waktu agak panjang untuk segera mendapatkan rumah idaman.

DP Kecil – Cicilan Besar

Dengan membayarkan DP kecil bahkan ada developer yang menawarkan DP 0% semakin banyak peluang orang untuk mempunyai rumah sendiri. Kamu bisa langsung membeli dan menempati rumah impian. Tetap perlu diingat bahwa cicilan akan besar karena DP yang kecil ini. Dan ada kemungkinan proses pengajuan KPR akan berlangsung agak lama karena bank melakukan pemeriksaan yang lebih panjang.

Apapun pilihanmu untuk DP rumah, mau besar atau kecil pastikan sesuai dengan kondisi keuangan dan kemampuan. Hitung kembali berapa uang yang ada saat ini. Karena keputusan ini akan mempengaruhi kondisi keuangan kedepan.

Hubungi property consultant Galaxy untuk mendapatkan rumah atau apartemen idamanmu yang sesuai dengan buget. (AT/2023)

Author

Write A Comment