Tren desain rumah dapat berkembang setiap tahun, namun tidak selalu ada perubahan drastis. Beberapa tren dapat bertahan selama beberapa tahun atau lebih, tergantung pada faktor-faktor seperti perubahan budaya, teknologi, dan kebutuhan penghuni rumah. Seiring dengan kemajuan teknologi dapat memengaruhi cara rumah dirancang dan dibangun. Misalnya, penggunaan teknologi smart home atau penggunaan bahan bangunan inovatif. Sementara itu ketertarikan pada rumah yang ramah lingkungan dan berkelanjutanpun terus tumbuh. Saat ini semakin banyak penggunaan bahan daur ulang, sistem hemat energi, dan desain yang mendukung praktik hidup berkelanjutan.

Berikut ini trend desain rumah 2024 yang makin populer dan dapat kamu terapkan di rumah.

Rumah Berkelanjutan (Eco-friendly). Jenis rumah ini dirancang dan dibangun dengan memperhatikan dampak positif terhadap lingkungan. Tujuan utama dari rumah ini adalah mengurangi jejak karbon, menghemat sumber daya alam, dan menciptakan lingkungan yang sehat bagi penghuninya. Desain rumah yang ramah lingkungan dengan penggunaan material daur ulang, teknologi hemat energi, dan desain yang mendukung efisiensi energi. Pemilihan bahan interior juga yang ramah lingkungan dan tidak menghasilkan emisi VOC (Volatile Organic Compounds) yang berbahaya untuk kesehatan. Pembangunan dan perawatannya didasarkan pada prinsip-prinsip keberlanjutan, dan banyak dari pemilik rumah juga dapat menghemat biaya operasional dalam jangka panjang.

Open Floor Plans. Ruang terbuka yang mengintegrasikan dapur, ruang makan, dan ruang keluarga menjadi satu area besar semakin sering digunakan developer untuk unit-unit mereka. Entah itu rumah berukuran kecil ataupun besar, model open floor ini untuk menciptakan kesan luas dan aliran yang baik . Dengan kurangnya dinding pembatas, furnitur dan dekorasi memiliki fleksibilitas lebih besar dalam pengaturan ruang.

Desain Biofilik. Desain ini mengacu pada pendekatan dalam arsitektur dan desain interior yang mengintegrasikan unsur-unsur alam dan hubungan manusia dengan lingkungan alam. Konsep ini di dasarkan pada keyakinan bahwa koneksi dengan alam dapat meningkatkan kesejahteraan manusia dan menciptakan lingkungan yang lebih seimbang juga nyaman. Ada integrasi elemen taman ke dalam desain, seperti ruang tanaman dalam ruangan atau dinding tanaman hidup, untuk menciptakan suasana yang segar dan alami.

Desain Fraktal. Dalam konteks arsitektur, khususnya pada rumah, desain fraktal akan mencakup elemen-elemen atau prinsip-prinsip fraktal dalam beberapa aspek desain. Penerapan desain fraktal ini tidak hanya menjadi tren desain rumah 2024, tapi juga masuk dalam interior rumah. Interior ini bisa meliputi pemilihan lantai, dinding, atau plafon dengan pola fraktal. Penggunaan perabot atau aksen dekoratif dengan motif fraktal juga bisa memberikan sentuhan yang unik pada ruangan. Desain taman, teras, atau tata letak luar rumah bisa mengintegrasikan pola fraktal. Misalnya, pengaturan tanaman atau elemen lanskap yang mengikuti pola-pola fraktal dalam susunan

Subway Tile. Tren desain rumah 2024 juga akan banyak menggunakan ubin jenis subway tile. Jenis ubin keramik yang sering digunakan pada dinding dapur atau kamar mandi. Ciri khas ubin ini adalah berbentuk persegi panjang dengan ukuran yang khas, yaitu biasanya panjang dua kali lipat dari lebarnya. Ukuran standar subway tile adalah sekitar 3 inci x 6 inci (sekitar 7,5 cm x 15 cm), meskipun sekarang ada variasi ukuran yang tersedia. Pengaturan subway tile sering dilakukan dalam pola sarang lebah atau pola lurus, memberikan estetika yang khas. Meskipun yang sering digunakan adalah warna putih, subway tile juga dapat ditemukan dalam berbagai warna dan pola, memberikan fleksibilitas dalam desain interior.

Apapun pilihan desain rumahmu, temukan semuanya dengan menghubungi property consultant Galaxy atau kantor galaxy terdekat. (AT/2023)

Author

Write A Comment