Pernah lihat iklan rumah yang menawarkan smart home system didalamnya?  Perumahan modern yang berada di kota-kota besar biasanya tawarkan sistem ini kepada konsumennya. Dulu kita melihatnya di film-film hollywood, bagaimana pemilik rumah bisa mengontrol dari jarak jauh secara otomatis segala perangkat elektronik didalam rumah. Smart home system juga bisa melalui perintah suara, tentu ini sangat cocok untuk kamu yang memiliki mobilitas tinggi. Karena smart home system di desain dengan artificial intelligence yang mampu mempelajari jadwal pemilik dan akhirnya bisa lakukan penyesuaian. Di Indonesia pertumbuhan pasar smart home meningkat semenjak pandemi 2020, dari yang 1.5 juta rumah naik menjadi 7.8 juta rumah. Dulu banyak pemilik rumah mengatakan belum membutuhkan produk ini karena harga yang relatif mahal. Namun sekarang ini pemain di pasaran smart home semakin banyak, dan mampu memproduksi peralatan yang relatif terjangkau.

Kelebihan menggunakan smart home system adalah dapat mengontrol penggunaan listrik di rumah. Pemasangan timer secara otomatis ini dapat membantu mematikan perangkat eletronik. Selain itu pengawasan keamanan rumah melalui CCTV cukup dilakukan dari smartphone. Ketika rumah dalam keadaan kosong, kamu tetap bisa mengawasinya dari jauh. Kunci pintu, CCTV, lampu, televisi bahkan peralatan seperti kulkas dapat dikontrol lewat sistem otomatisasi rumah melalui handphone. Belum lagi bila sistem yang pintar ini juga terintegrasi dengan sistem milik perumahan. Sehingga semua tercatat di kantor manajemen perumahan, apabila ada keluhan terkait kebersihan dan keamanan pun bisa disampaikan lewat sistem yang terintegrasi ini.

Disisi lain tetap ada kelemahan. Karena sistem ini dikontrol melalui applikasi tentu ada resiko muncul yakni terjadi bug yang sebenarnya adalah hal wajar. Belum lagi urusan koneksi internet yang harus menjadi perhatian. Kemungkinan hacker meretas sistem rumah pintar juga cukup besar, itulah sebaiknya tidak berbagi password dengan orang lain, cukup kamu dan pasangan yang tahu. Gunakan two factor authenticator untuk akses perangkat.

Bila rumah yang sudah didukung oleh perangkat smart home system ini adalah impianmu, jangan khawatir, kamu bisa menghubungi Property Consultant Galaxy untuk menemukan rumah yang tepat. Sejumlah developer di Surabaya, Jakarta dan Bali telah melengkapi rumah yang dibangun dengan smart home system ini.

Author

Write A Comment