Hidup tidak hanya soal mengupgrade hard skill yang terkait bakat dan profesi kita sekarang ini, namun juga harus mengupgrade soft skill biar masa depan sebening Dian Sastro. Soft skill ini sebenarnya menggambarkan karakter dan kemampuan interpersonal seseorang dalam berelasi dengan orang-orang disekelilingnya.

Dalam dunia kerja, orang-orang yang memiliki soft skill dianggap mampu menyelesaikan tantangan pekerjaan. Dan soft skill ini akan menjadi pondasi baginya untuk meningkatkan hard skill. Keterampilan yang dibutuhkan saat ini sangat bervariasi tergantung pada bidang pekerjaan dan industri tertentu, apakah kamu content creator, pebisnis, property consultant, dan sebagainya, tetap ada beberapa keterampilan yang umumnya dianggap penting di berbagai konteks. Berikut adalah beberapa keterampilan yang sangat relevan saat ini:

  1. Keterampilan Teknologi. Di dunia yang semakin terhubung secara digital, keterampilan teknologi sangat penting. Ini termasuk pemahaman tentang perangkat lunak, aplikasi, pemrograman, dan penggunaan alat-alat produktivitas.
  2. Literasi Digital. Kemampuan untuk memahami dan menggunakan informasi digital, termasuk pemahaman tentang keamanan cyber dan privasi online. Kemampuan ini juga untuk mengevaluasi dan menyaring informasi dari berbagai sumber media
  3. Keterampilan Komunikasi Kemampuan untuk berkomunikasi dengan jelas dan efektif, baik secara lisan maupun tertulis, serta kemampuan mendengarkan dengan baik.
  4. Berpikir Kritis. Kemampuan untuk menganalisis informasi, memecahkan masalah, dan mengambil keputusan berdasarkan data.
  5. Keterampilan Manajemen Waktu. Kemampuan untuk mengatur waktu dengan baik, mengatur prioritas, dan mengelola pekerjaan yang efisien.
  6. Kreativitas. Kemampuan untuk berpikir kreatif, memecahkan masalah dengan cara yang inovatif, dan menghasilkan ide-ide baru.
  7. Belajar Mandiri. Kemampuan untuk terus belajar dan berkembang, tak segan untuk mengikuti pelatihan formal dan nonformal yang banyak dilakukan secara online.
  8. Keterampilan Kelola Tim. Kemampuan untuk bekerja sama dalam tim, berkolaborasi, dan berkomunikasi dengan anggota tim lainnya.
  9. Literasi Keuangan. Pemahaman tentang konsep keuangan pribadi, termasuk pengelolaan anggaran, investasi, dan perencanaan keuangan.
  10. Keterampilan Pemecahan Konflik. Kemampuan untuk mengelola konflik dan bekerja dengan orang-orang yang memiliki pandangan atau kepentingan yang berbeda.
  11. Keterampilan Bahasa Asing. Kemampuan berbahasa asing dapat menjadi aset berharga, terutama dalam lingkungan global yang semakin terhubung.
  12. Entrepreneurship. Kemampuan untuk berpikir seperti seorang pengusaha, menciptakan peluang, dan mengelola risiko.
  13. Selalu beradaptasi. Kemampuan untuk beradaptasi dengan perubahan lingkungan, teknologi, dan tuntutan pekerjaan yang terus berkembang.

Ketika mengidentifikasi soft skill yang paling relevan agar masa depan sebening Dian Sasto memang harus memastikan untuk terus mengembangkan dan meningkatkan keterampilan-keterampilan tersebut melalui pelatihan, pendidikan, dan pengalaman kerja. Juga, ingat bahwa tren dan kebutuhan dalam dunia kerja dapat berubah, jadi sangatlah penting untuk selalu memperbarui keterampilan agar tetap relevan di dunia kerja dan usaha. (AT/2023)

Author

Write A Comment