Proses serah terima rumah adalah saat yang dinanti-nanti oleh konsumen sebagai pembeli rumah milik developer. Setelah melalui proses administrasi yang cukup panjang bahkan melalui proses KPR bank rasanya tidak ada yang lebih melegakan dari moment serah terima ini. Saat serah terima rumah kamu wajib cek beberapa hal, antara lain :

Struktur Bangunan. Periksa struktur utama bangunan, seperti dinding, atap, dan pondasi, untuk melihat apakah ada kerusakan atau retakan yang signifikan. Perhatikan juga apakah ada tanda-tanda kelembaban atau kebocoran di dinding atau langit-langit.

Jendela dan Pintu. Cek jendela dan pintu untuk memastikan apakah dapat dibuka dan ditutup dengan baik. Pastikan kunci pintu dan jendela berfungsi dengan benar dan semua gembok aman.

Sistem Listrik. Periksa semua sakelar, stopkontak, dan lampu untuk memastikan semuanya berfungsi. Apakah panel listrik dalam kondisi baik dan tidak ada kabel terkelupas atau terlalu panjang yang dapat menjadi masalah keselamatan dikemudian hari.

Sistem Plumbing. Memeriksa sistem pipa tidak hanya mengecek keran air, dan pipa tapi juga saluran pembuangan untuk memastikan tidak ada kebocoran atau masalah lainnya. Kamu juga bisa menguji aliran air di semua kran, aliran pembuangan di kamar mandi atau dapur dengan menyiramkan 1 ember air ke saluran pembuangan, dan periksa apakah flush toilet berfungsi dengan baik.

Sistem Keamanan. Saat ini banyak rumah yang dilengkapi smart home system oleh developer. Pastikan kamu sudah memeriksa sistem keamanan, termasuk alarm serta nomer telpon pihak pengelola perumahan / satuan pengamanan yang bisa dihubungi jika terjadi sesuatu yang urgen.

Melakukan pemeriksaan dengan teliti dan menyeluruh wajib kamu lakukan ke seluruh rumah. Jika tidak yakin kamu bisa pertimbangkan untuk mengajak seorang inspektur profesional untuk membantu memeriksa rumah dan memastikan bahwa semuanya berfungsi dengan baik. Pemeriksaan yang baik dapat membantumu menghindari masalah di masa depan dan memastikan bahwa rumah yang kamu terima dalam kondisi yang baik.

Pastikan rumah yang kamu beli melalui property consultant Galaxy, atau segera hubungi kantor Galaxy terdekat untuk informasi terkait unit rumah terbaru dari developer.(AT/2023)

Author

Write A Comment