Kehebohan dunia media sosial beberapa hari ini adalah terkait debat paslon presiden yang terakhir, dimana salah satu paslon disebut memiliki aset lahan seluas 340ribu hektar. Wow, ini angka yang luar biasa karena luasnya 2 kali lipat dari luas wilayah Kabupaten Bandung yang membentang hanya di atas lahan seluas 176.200 hektar.

Jika dibandingkan dengan  superblok terbesar di Indonesia yakni Ciputra World Surabaya (CIWO). Dibangun di atas lahan seluas 9 hektar disebut sebagai superblok terbesar di Indonesia dengan total luas bangunan seluas 750.000 m2. Kebun Raya Bogor berdiri di lahan seluas 87 hektar dengan 15ribu jenis koleksi pohon dan tumbuhan. Bisa kamu bayangkan juga Kebun Raya Bogor kalau kita keliling seharian sudah membuat kaki lelah.

Sementara itu lahan untuk membuat apartemen minimal 3000 meter persegi. Jika apartemen dibangun dilahan seluas 340 ribu hektar, maka dapat dibangun lebih dari 1 juta tower apartemen. Luar biasa luasnya ya. Sebuah rumah type 40 rata-rata berada di lahan 72 meter persegi, bandingkan jika dibangun dilahan seluas tadi akan ada lebih dari 47 juta unit rumah type 40 yang bisa ditempati oleh keluarga muda Indonesia.

Sebenarnya berapapun luas lahanmu, pastikan lahan tersebut tidak menganggur. Caranya bagaimana ? Kamu bisa memanfaatkan lahan kosong untuk bercocok tanam. Memiliki kebun sayur, buah-buahan, atau tanaman herbal dapat menjadi kegiatan yang memuaskan dan juga memberikan hasil yang dapat dikonsumsi. Di kota-kota besar saat ini tanaman hidroponik menjadi pilihan untuk mereka yang ingin konsumsi sayuran segar dan aman dikonsumsi. Selain itu kalau kamu memiliki minat dalam tanaman hias, pertimbangkan untuk membuka bisnis budidaya tanaman hias. Tanaman hias sering dicari untuk keperluan dekorasi dan kebun. Harga per tanaman bisa ratusan sampai jutaan rupiah.

Hal yang paling sering dilakukan pada lahan kosong adalah membangun rumah kos-kosan atau kontrakan. Walaupun dibutuhkan modal yang cukup besar diawal, namun bisnis ini amat menjanjikan. Apalagi jika kos-kosan tersebut berada di lokasi yang tepat. Begitu juga dengan rumah kontrakan, saat ini banyak orang memilih rumah kontrakan karena harga tanah dan rumah yang terus melambung.

Apabila kamu ingin menjual lahan kosong atau sedang mencari lahan dilokasi yang strategis untuk usaha langsung saja hubungi Property Consultant Galaxy dan hubungi kantor Galaxy terdekat. (AT/2023)

Author

Write A Comment