Rumah adalah kebutuhan premier (utama) bagi manusia, sehingga dalam kondisi keuangan bagaimanapun individu pastilah membutuhkan tempat tinggal entah dengan cara kontrak/sewa atau membeli. Setelah memiliki satu rumah ditempati tidak ada salahnya beranjak ke tahap investasi rumah, mengingat investasi ini memiliki prospek yang cukup menjanjikan.

Investasi rumah adalah salah satu bentuk investasi jangka panjang dan nilainya tidak turun. Dihitung dari return dan capital gain, kenaikan harganya cukup menjanjikan. Beli rumah di tahun 2010 kenaikannya tentu berlipat. Belum lagi kebutuhan akan rumah tetap tinggi sehingga keuntungan investasi rumah malah akan semakin besar. Selain hal itu ada keuntungan investasi rumah lainya yakni sbb :

Menjadi Pendapatan Pasif. Kamu bisa membeli rumah tidak untuk ditempati namun untuk kemudian disewakan atau menjadikannya kos-kosan. Jika membeli dengan KPR, maka biaya sewa yang dibayarkan dapat digunakan untuk mencicil.

Harga Rumah Naik Terus. Kenaikan harga rumah dari tahun-ketahun berkisar 10% – 15%. Kalaupun ada penurunan harga adalah dikarenakan faktor inflasi, dimana mata uang melemah dan daya beli menurun. Selain itu lahan yang terbatas menjadi salah satu penyebab harga properti selalu naik pertahunnya.

Bersifat Multiguna. Apabila kamu membeli rumah atau bangunan di lokasi strategis maka bisa digunakan untuk beberapa hal, kamu bisa membuka tempat usaha, atau membuka kantor. Banyak perusahaan startup yang berkantor di lingkungan perumahan.

Punya Wujud Fisik. Rumah memiliki wujud fisik sehingga manfaat dan fungsi dari rumah tersebut dapat dirasakan secara langsung.

Lalu bagaimana memulai untuk berinvestasi rumah ? Pertama-tama siapkan modal yang cukup karena harga rumah tentu tidak murah. Pilih rumah yang punya lokasi strategis dengan akses yang bagus dan fasilitas yang lengkap. Pelajari tentang capital gain, lakukan riset seputar properti. Bergurulah pada orang yang sudah berpengalaman dan terlatih. Setelah mendapatkan rumah yang diincar jangan lupa untuk memastikan segala legalitas surat kepemilikan.

Bila ingin menemukan rumah untuk investasi, kamu bisa segera menghubungi property consultant Galaxy atau kantor Galaxy terdekat.

Author

Write A Comment