Peminat rumah seken tetaplah tinggi, ada yang menggunakannya untuk investasi namun ada pula yang membeli rumah seken sebagai rumah pertama. Semua memang tergantung kebutuhan dan pilihan masing-masing orang. Membeli rumah seken atau bekas ini memang butuh ketelitian karena rumah bekas punya sejumlah masalah yang harus kamu selesaikan , kalau tidak akan membahayakan kesehatan dan keselamatan penghuninya di kemudian hari.

Memeriksa kondisi rumah harus dilakukan sejak awal kamu mengincarnya. Hal ini bisa dilakukan sendiri atau mengajak orang yang kamu percaya dan paham akan kondisi bangunan. Sebaiknya periksa seluruh struktur bangunan, apakah layak dan aman untuk ditempati dan bagaimana kedepannya. Ingatlah mencari rumah untuk ditinggali jangka panjang bukan untuk 2-4 tahun saja. Sebelum membeli, kamu sebaiknya smart pilih rumah seken dengan memeriksa hal-hal berikut ini :

  1. Kelengkapan dokumen rumah tersebut, seperti SHM dan IMB. Pastikan semuanya ada dan tidak sedang dalam sengketa hukum
  2. Periksa atap rumah. Dengan berjalannya waktu bagian atap akan mengalami penurunan kualitas, apakah atapnya masih menggunakan bahan asbes yang berbahaya bagi kesehatan. Karena jika atap juga sudah mulai rusak, kamu perlu mempertimbangkan penggantian ulang, yang artinya akan ada pengeluaran dana kedepannya.
  3. Cek kelistrikan didalamnya, karena rumah lama dan baru berbeda untuk sistem kelistrikannya. Jika kamu nantinya menggunakan alat elektronik berdaya besar harus dipastikan sistem kelistrikannya mendukung. Jika ada anak kecil dan peliharaan pastikan juga jalur instalasi kelistrikannya aman
  4. Perhatikan sumber air, karena kalau andalkan sumur dangkal ada kemungkinan terkontaminasi polutan. Usahakan menggunakan air PDAM sebagai sumber air
  5. Rumah seken yang berusia tua biasanya belum memiliki sistem efisiensi energi. Ada yang belum punya sistem insulasi untuk menghambat suhu panas atau dingin yang menyebar.

Mengetahui usia rumah tentu akan membantumu memikirkan segala risiko yang akan dihadapi saat menempati rumah tersebut di masa depan. Tak ada salahnya melakukan riset tentang lingkungan disekitar rumah yang akan dibeli, bagaimana keamanannya, jarak rumah dengan fasilitas kesehatan, dan sebagainya. Untuk mempermudah mencari rumah seken yang sesuai kebutuhan, hubungi Property Consultant Galaxy atau hubungi kantor Galaxy terdekat untuk menemukan rumah impianmu.

Author

Write A Comment