Membeli rumah tidak hanya untuk ditinggal tapi juga untuk investasi. Sehingga memilih rumah baik rumah baru atau second memang melewati banyak pertimbangan, mulai dari soal harga apakah sesuai dengan bugdet sampai pertimbangan soal lokasi.

Ada beberapa lokasi yang sebaiknya dihindari karena berbagai alasan, mulai dari keamanan hingga nilai properti yang kurang menguntungkan. Berikut ini beberapa lokasi yang perlu dipertimbangkan :

Rumah tusuk sate. Rumah tusuk sate ini posisinya terletak di ujung jalan atau tepat di tengah jalur pertigaan. Dalam ilmu fengshui, rumah dengan posisi ini justru harus dihindari karena rumah tusuk sate dinilai dapat memberikan pengaruh buruk bagi penghuninya, lebih parah lagi, dipercaya dapat membawa sial.

Rumah di jalan buntu. Biasanya areal di depan rumah terbatas dan agak sempit sehingga ketika ada tamu menggunakan mobil akan kesulitan untuk parkir di depan rumah. Dari sisi pemeliharaan jalan buntu mungkin tidak selalu mendapatkan perawatan atau pemeliharaan yang teratur dari pihak berwenang. Ini dapat menyebabkan masalah seperti jalan berlubang atau sulit dilalui, terutama selama cuaca buruk. Beberapa daerah jalan buntu mungkin memiliki risiko lebih tinggi terkena banjir atau genangan air, terutama jika drainase tidak memadai. Ini bisa menjadi masalah selama musim hujan.

Pintu masuk terhalang Pohon. Benda-benda yang menjadi penghalang seperti pohon, tanaman atau struktur bangunan yang kurang baik dapat membuat chi menjadi rusak sebelum memasuki rumah. Tapi kamu tetap bisa menata tanaman di depan, karena tanaman melambangkan pertumbuhan dan perkembangan para penghuni rumah dalam hal spiritual, intelektual, dan ekonomi. Taman di depan rumah mengandung lima elemen feng shui yang dapat mewakili alam semesta, yakni kayu, tanah, api, air dan logam yang baik untuk rumah. Letakkan tanaman di dua sisi jalan masuk yang berfungsi sebagai aktivator energi.

Selain ketiga hal diatas, sebaiknya lokasi yang harus dihindari saat membeli rumah adalah ketika disekitar lokasi banyak rumah dijual. Mengapa ? Karena jika dalam satu jalan dekat rumah terdapat lebih dari dua rumah yang dijual itu adalah tanda berbahaya. Perlu dicari tahu mengapa banyak yang menjual rumahnya, apakah karena rumah ini memiliki tingkat kejahatan atau sering ada bencana. Perhatikan juga apakah banyak toko tutup ? Tidak hanya banyak rumah yang dijual yang menjadi tanda bahwa lokasi rumah tidak bagus. Jika terlihat ada banyak toko di daerah tersebut yang tutup, maka pertanda bahwa penghuni kesulitan keuangan untuk berbelanja dan berdampak sebagai lokasi rumah yang buruk.

Kamu juga harus cek apakah lokasi rumah itu berdekatan dengan pabrik dan kawasan industri. Sebaiknya tidak membeli rumah yang berdekatan dengan kawasan industri atau pabrik. Daerah tersebut berpotensi untuk mencemarkan udara dan air pada perumahan.

Pastikan lokasi rumah yang kamu pilih memang benar-benar strategis dan sesuai dengan spesifikasi yang kamu cari. Diskusikan pilihan propertimu bersama Property Consultant GALAXY. (AT/2024)

Author

Write A Comment