Musim hujan sudah tiba, beberapa kota di Indonesia sudah menikmati guyuran hujan disaat cuaca begitu gerah belakangan ini. Hujan disatu sisi ibarat oase di cuaca yang panas cukup lama ini tapi juga menimbulkan kekhawatiran apakah akan muncul banjir di sekitaran rumah ? Ketika seluruh developer mempromosikan bahwa perumahan mereka bebas banjir, maka kamu tetap harus kritis dan lakukan pengecekan langsung ke lokasi.

Buat kamu yang punya rencana beli rumah ga usah takut beli rumah di musim hujan, karena inilah moment yang pas. Kenapa begitu ?

  1. Kamu bisa lakukan pemeriksaan kondisi bangunan. Musim hujan seringkali dapat mengungkapkan masalah atau kerusakan yang mungkin terjadi di rumah, seperti bocor atap, rembesan air, atau drainase yang buruk. Ini memberimu kesempatan untuk melihat sejauh mana kerusakan tersebut dan mengajukan pertanyaan yang relevan kepada penjual sebelum memutuskan untuk membeli.
  2. Harga lebih bersaing. Beberapa penjual mungkin lebih bersedia untuk menawarkan harga lebih rendah pada rumah mereka di musim hujan karena permintaan cenderung lebih rendah. Jika memiliki kemampuan untuk merenovasi atau memperbaiki rumah, kamu dapat memanfaatkan situasi ini untuk mendapatkan penawaran yang lebih baik.
  3. Evaluasi drainase dan kondisi tanah. Musim hujan memberimu kesempatan untuk melihat bagaimana sistem drainase di sekitar rumah berfungsi. Ini penting untuk mencegah masalah banjir dan genangan air yang bisa merugikan. Kamu juga dapat mendapatkan pemahaman tentang kondisi tanah dan bagaimana rumah merespons cuaca lebat.
  4. Kesempatan memperoleh inspeksi yang mendalam. Musim hujan memungkinkan untuk mendapatkan pemeriksaan yang lebih mendalam terhadap properti. Kamu dapat mengamati apakah ada tanda-tanda kebocoran dalam rumah atau kerusakan yang mungkin terjadi ketika hujan turun. Apalagi inspeksi kamu lakukan sehari setelah hujan deras yang muncul, biasanya tanda-tanda kebocoran terlihat dengan jelas. Ini dapat membantu membuat keputusan yang lebih akurat.
  5. Pilihan lebih banyak. Di musim hujan, persaingan biasanya lebih sedikit, karena beberapa pembeli mungkin menunda pencarian mereka. Ini bisa membuatmu memiliki lebih banyak pilihan rumah yang tersedia dan lebih banyak kesempatan untuk bernegosiasi harga yang lebih baik.

Ga usah takut membeli rumah di musim hujan karena kamu bisa langsung membuktikan apakah rumah bebas banjir atau tidak sehingga tidak akan menyesal di kemudian hari. Segera hubungi Property Consultant Galaxy untuk mengetahui perumahan yang sedang mencari incaranmu, dan diskusikan dengan mereka segala yang menjadi perhatianmu untuk mewujudkan memiliki rumah impian. (AT/2023)

Author

Write A Comment