Dalam dunia digital sekarang ini, banyak profesi yang bisa dikerjakan secara remote dan banyak pula yang mereka yang bekerja remote adalah freelancer. Tidak terikat dalam perusahaan tertentu dan tidak menjadi karyawan tetap yang harus datang ke kantor. Profesi semacam ini memang biasanya by project, dikontrak hanya untuk proyek tertentu dalam term waktu tertentu pula sehingga ada kalanya penghasilan mereka tinggi namun ada kalanya tidak berpenghasilan. Kondisi ini kadang membuat seorang freelancer agak sulit mengajukan KPR (Kredit Pemilikan Rumah).

Tapi jangan kuatir, sekarang ini seorang freelancer tidak usah ragu mengajukan KPR, namun ada sejumlah hal yang harus kamu siapkan antara lain :

  1. Portofolio pekerjaan. Rekam jejakmu berisikan proyek pekerjaan yang sudah diselesaikan, siapa saja perusahaan / klien, berapa nilai setiap proyek bila perlu dengan bukti transfer honor.
  2. Siapkan Uang Muka Tinggi. Pembayaran uang muka KPR tiap bank berbeda-beda, rata-rata 20-30-%. Kalau kamu punya uang muka diatas 30% tentunya cicilan akan lebih ringan dan resiko menjadi lebih minimal.
  3. Kondisi Keuangan Sehat & Stabil. Kondisi keuanganmu pasti akan diperiksa oleh Bank pemberi KPR, minimal 6 bulan terakhir rekeningmu dalam kondisi stabil dan aman. Usahakan rekening untuk menerima honor freelancemu dalam 1 rekening (tidak berpencar di banyak rekening).
  4. BI Checking Aman. Pastikan riwayatmu bersih dari pinjaman apapun, baik itu di kartu kredit, paylatter, atau pinjaman online dan semacamnya.

Menurut Erwin Sugianto, selaku Human Capital Director GALAXY, jika kamu wiraswasta yang tidak punya penghasilan tetap seperti karyawan kantoran pun jangan kuatir untuk mengajukan KPR. “Yang penting itu semua pendapatan tunai udah masuk rekening, dan rekeningnya gak mencar-mencar supaya tercatat. Kalau kamu pakai CC, payletter dan sejenisnya juga perhatiin jangan sampai ada telat bayar karena nanti ada yang namanya BI Checking”, demikian tambah Erwin. Untuk mudahnya, meskipun kamu seorang freelancer tentu bisa langsung berkonsultasi dengan Property Consultant Galaxy jika ingin membeli unit rumah ataupun apartemen. Galaxy akan menghubungkanmu dengan rekanan di sejumlah bank, dan akan membantumu mendapatkan rumah impian. Segera hubungi kantor Galaxy terdekat.

Author

Write A Comment