Pensiun adalah babak baru dalam kehidupan seseorang, di mana kita beralih dari rutinitas pekerjaan menuju lebih banyak waktu luang dan kebebasan. Namun, transisi ini memerlukan persiapan yang matang agar Anda dapat menikmatinya tanpa stres. Untuk pegawai swasta usia pensiun biasanya di angka 55 tahun, sementara untuk mereka ASN biasanya di usia 58 tahun, kecuali yang memiliki jabatan fungsional. Berikut ini beberapa aspek penting dalam masa persiapan pensiun sehingga Anda memastikan tetap berjaya dan berdaya di masa pensiun nanti.

Perencanaan Finansial. Hal pertama yang harus diperhatikan adalah kondisi finansial karena pensiun berarti akan kehilangan pendapatan tetap dari pekerjaan, sehingga penting untuk memiliki sumber pendapatan lain. Untuk yang pegawai negeri hanya akan menerima uang pensiun separuh dari gaji terakhirnya. Anda harus mulai mengaudit keuangan, artinya meninjau semua aset dan utang. Pastikan mengetahui semua nilai investasi, tabungan, asuransi, dan aset yang dimiliki. Pertimbangkan strategi investasi yang sesuai dengan profil risiko Anda. Bicarakan dengan penasihat keuangan untuk merancang portofolio yang sesuai untuk masa pensiun.

Kesehatan dan Kesejahteraan. Kesehatan adalah aspek penting dalam masa persiapan pensiun. Pastikan Anda menjalani pemeriksaan kesehatan rutin dan menjaga gaya hidup yang sehat. Lakukan olahraga atau aktivitas fisik lainnya secara teratur untuk menjaga kesehatan tubuh. Periode jelang pensiun juga bisa menjadi periode perubahan besar dalam fase hidup Anda, sehingga menjaga kesehatan mental juga sangatlah penting. Pertimbangkan untuk bergabung dengan kelompok sosial atau mengikuti kegiatan yang bisa anda nikmati.

Menggunakan Sisa Masa Produktif Sebaik Mungkin. Walaupun sisa masa produktif pendek, tidak perlu berputus asa dan sebaiknya tetap jalani waktu Anda sebaik mungkin. Misalnya dengan mengembangkan usaha, menekuni hobi yang menguntungkan, hingga memperbaiki keadaan finansial.  Gunakan sisa waktu produktif sebaik mungkin bahkan untuk Anda yang masih memiliki durasi yang panjang dan belum menginjak masa persiapan pensiun PNS maupun swasta. 

Menjadi Property Consultant GALAXY adalah salah satu pilihan buat Anda yang sedang mempersiapkan masa pensiun. Paling tidak dua-tiga tahun sebelum memasuki periode tersebut Anda harus membuat langkah-langkah strategis agar tetap berdaya di masa pensiun dan secara finansial kelak tidak membebani anak-anak Anda. Menjadi seorang property consultant yang sukses memang bukan seperti main sulap, dibutuhkan konsistensi. Anda bisa belajar mendalami seluk beluk dunia pemasaran properti sejak masih dalam posisi bekerja. Start harus sejak dini, bukan ketika sudah memasuki pensiun, itu sangat terlambat. Dan alangkah baiknya jika sejak sekarang, ada diantara Anda yang sudah memasuki usia 40 tahun juga mempersiapkan diri dengan belajar ilmu properti di GALAXY. Anda bisa mendaftar langsung ke kantor-kantor GALAXY terdekat atau klik join. Mari bergabung menjadi Property Consultant profesional, apapun latar belakang profesi Anda, jangan khawatir karena di GALAXY no background no problem. Anda akan dibimbing oleh para praktisi berpengalaman untuk menjadikan diri Anda berjaya dan berdaya di masa pensiun. (AT/2024)

Author

Write A Comment