Suhu udara panas yang menerjang sebagian wilayah Indonesia menurut BMKG dikarenakan sejumlah faktor. Salah satunya adalah efek fenomena iklim El Nino yang menyebabkan musim kemarau lebih ekstrem panas dan berkepanjangan dibandingkan musim kemarau biasa. Gak heran dong hawa di dalam rumah juga hawa panas, maunya AC rumah menyala 24 jam. Sudah menyalapun kadang tidak mempan masih harus menggunakan kipas angin tambahan agar udara lebih sejuk.

Lalu bagaimana cara atasi hawa panas di rumah ? berikut ini cara mengatasinya

Gunakan kaca film anti UV atau Gunakan Tirai atau Penutup Jendela. Menggunakan kaca film anti UV atau E-Coating rendah untuk melindungi dari hawa panas. E-Coating memantulkan sinar infra merah. Kamu juga bisa gunakan Tirai atau Penutup Jendela dengan memasang tirai yang tebal atau penutup jendela untuk mengurangi paparan sinar matahari langsung sehingga cahaya yang masuk tidak berlebih. Tirai berwarna terang atau reflektif dapat membantu memantulkan panas.

Gunakan kipas angin, AC. Pasang kipas angin di langit-langit rumah karena akan meningkatkan termostat menjadi 15 derajat celcius. Gunakan pendingin udara bisa yang portabel untuk menjaga suhu dalam rumah tetap nyaman. Pastikan peralatan ini berfungsi dengan baik dan rutin dibersihkan.

Perhatikan Ventilasi Rumah. Aliran udara didalam rumah perlu diperhatikan jika ingin udara didalam lebih dingin. Area-area dengan kelembapan tinggi seperti di kamar mandi dan dapur perlu dipasang kipas. Jika rumahmu dua lantai ventilasi di lantai atas harus cukup lebar sehingga udara dingin lewat melalui ventilasi sementara udara yang lebih hangat naik ke atas dan keluar lewat ventilasi tadi.

Gunakan Bahan yang Reflektif. Menggunakan bahan reflektif di atap atau dinding rumah berguna untuk mengurangi penyerapan panas dari sinar matahari.

Pilih Cat Dinding warna netral. Warna yang gelap akan menyerap lebih banyak panas sebaiknya pilih warna putih, crem, tidak hanya memantulkan warna tapi juga membuat rumahmu terlihat lebih luas.

Perbanyak Tanaman Penyerap Kelembapan. Jenis tanaman seperti sirih gading, anggrek, pakis, palem, lidah mertua, dll adalah tanaman yang menyukai kelembapan, sebagai pembersih udara alami dan membuat rumah makin adem.

Kalau kamu mencari rumah dengan ventilasi yang baik, sehingga udara didalam rumah mengalir dengan nyaman, pastikan datang ke show unit dari rumah yang hendak dibeli saat siang hari. Hubungi property consultant Galaxy untuk diskusi atau hubungi kantor Galaxy terdekat.

Author

Write A Comment