Pada tahun 2023, berdasarkan data Badan Pusat Statistik ada 12,73% kepala rumah tangga perempuan di Indonesia. Sedangkan mereka yang berstatus Ibu rumah tangga sudah lebih dari 60 juta jiwa. Perdebatan soal pilihan menjadi ibu rumah tangga tulen atau merangkap sebagai wanita bekerja setelah menikah memang sering memunculkan dilema. Sekarang kita sudah melihat banyak perempuan yang eksis di berbagai kancah kehidupan, dari mulai bisnis, berbagai profesi, aktifis politik, pemerintahan, dan lainnya. Namun sekarang ini banyak pula perempuan yang berstatus full time house wife, tetap memilih untuk produktif dengan tetap menghasilkan uang tanpa meminggirkan tugas-tugas sebagai Ibu dan Istri.  Buat kamu yang ingin seperti itu, berikut ini 5 langkah memulai bekerja buat Ibu rumah tangga :

  1. Jelajahi Minatmu. Sebelum mencari uang tambahan sebaiknya kamu mengetahui hal-hal yang disukai, atau hal-hal yang menarik minat. Sering kali, hobi bisa berubah jadi ladang penghasilan, apalagi kalau kamu punya pengalaman atau kemampuan untuk pendukung. Misal menyukai memasak, kamu bisa mulai berjualan makanan secara online order. Menyukai fashion, kamu bisa berjualan produk-produk fashion di semua platform media sosial atau membuka pop up store mu di rumah.
  2. Perhatikan pengalamanmu sebelum menjadi ibu rumah tangga. Mungkin sebelum menikah sudah pernah bekerja, latar belakang pendidikan, dan hobi, juga dapat digunakan untuk mengetahui cara mendapat uang. Misal, dulu seorang guru atau pernah mengajar sebelumnya, kamu bisa menjadikan mengajar sebagai sumber pendapatan. Jika memiliki pengalaman lain, seperti kesenian, administrasi kantor, menulis, menjaga hewan, atau bahkan menjaga anak, pengalaman-pengalaman tersebut juga dapat menghasilkan uang. Membuka rumah day care untuk batita sekarang ini adalah peluang bisnis di kota-kota besar. Mengingat banyak pasangan yang bekerja dan memiliki anak masih kecil. Dulunya pernah menjadi sales marketing yang terbaik, selalu berhasil memenuhi target, tak ada salahnya kembali menjalani dunia marketing di sektor bisnis properti.
  3. Ketahui Skillmu. Mengetahui keahlianmu adalah cara yang baik untuk menemukan kesempatan mendapat penghasilan. Kemampuan melakukan hal yang tidak dapat dilakukan orang lain bisa jadi membuka kesempatan kerja.Misalnya, jika jago beberapa bahasa asing, kamu dapat menjadikan kemampuan tersebut sebagai sumber penghasilan dengan menjadi tutor bahasa asing. Nah, gabungkan kemampuan, minat, dan pengalaman tadi untuk menemukan ide potensial mendapat penghasilan.
  4. Seimbangkan kegiatan mencari uang dengan kesibukan rumah tangga. Kesibukan ibu rumah tangga itu sebenarnya padat, setara dengan pekerjaan penuh di luaran. Mencari uang sembari mempertahankan status sebagai ibu rumah tangga tentu akan memotong waktu dari kegiatan rumah tangga. Disiplin dalam pembagian kerja di dalam rumah dan di luar rumah, skill memanajemen waktu, dan konsistensi sangat diperlukan. Misalnya, jika kamu menghabiskan beberapa jam untuk membersihkan rumah, ketahui hal yang dapat dilakukan lebih jarang, atau mintalah orang lain di rumah untuk melakukannya.
  5. Buat Target bisa harian, mingguan, bulanan. Buatlah daftar hal yang ingin diselesaikan setiap hari. Misalnya, jika hari ini memutuskan untuk menjaga anak, pekerjaan yang harus diselesaikan di luar rumah bisa diselesaikan sehari sebelumnya. Kamu bisa membuat target kapan saja kalau punya target harian, jangan lupa menyisihkan 10 menit di malam hari untuk merencanakan hari esok Simpanlah target di tempat yang mudah dibaca dan diakses agar dapat tetap berfokus pada pekerjaan, dan mencegahmu melakukan hal yang tidak perlu.

Menjadi seorang Property Consultant (PC) atau sering disebut agen properti juga menjadi alternatif langkahmu jika ingin mulai bekerja dan memiliki penghasilan sendiri. Bila memang menyukai dunia sales marketing dunia properti ini terbuka lebar untukmu. Properti ibarat kue yang tak pernah habis, karena semua orang membutuhkannya. Entah untuk sewa, jual, atau beli. Dan untuk transaksi itu mereka membutuhkan bantuan seorang property consultant/agen. Penghasilan seorang PC barangkali tidak rutin setiap bulan, namun dalam sekali transaksi maka komisi puluhan juta bahkan ratusan juta ada didepan mata. Dengan penghasilan seperti ini kamu tak perlu tergantung pada suami 100%, kamu tetap bisa membantu perekonomian keluarga dan tentunya memiliki cukup tabungan untuk pendidikan terbaik anak-anak. Mandiri secara finansial bukan berarti mengesampingkan peran pasangan dalam hal ini suami. Perempuan atau seorang ibu bisa memiliki uang sendiri sehingga dalam kehidupan pernikahan perempuan akan tetap merasa berdaya. Menurut psikolog jika dalam sebuah hubungan pernikahan ada relasi yang seimbang maka hubungan yang terjalin akan menjadi lebih sehat antara suami dan istri, mereka akan menghargai satu sama lain.

Buat para Ibu rumah tangga jangan khawatir apabila tidak memiliki background di dunia properti, karena di GALAXY #nobackgroundnoproblem. Semua agen yang baru bergabung akan dibimbing oleh ahlinya, yang merupakan praktisi properti, mereka yang sudah praktek langsung bertahun-tahun dalam dunia properti ini. Kamu juga bisa join melalui program BOTOKS (Business Opportunity Talk Show) yang digelar sebulan dua kali oleh GALAXY untuk mengetahui terlebih dahulu bagaimana sih dunia properti itu. Atau hubungi kantor GALAXY terdekat untuk info lebih lanjut. (AT/2024)

Author

Write A Comment