Musim hujan masih berlangsung, siang panas tetiba masuk ke sore hari hujan turun cukup deras. Beberapa penyakit yang muncul di musim penghujan juga tetap mengintai salah satunya adalah demam berdarah. Nyamuk menjadi semakin banyak di rumah, jadi jangan sampai lengah. Harus tetap melakukan 3M yakni menguras tempat penampungan air, menutup tempat penampungan air dan mendaur ulang berbagai barang yang berpotensi untuk dijadikan tempat berkembang biak jentik nyamuk Aedes aegypti.

Selain hal diatas yang bisa kamu lakukan untuk melakukan pencegahan adalah menanam sejumlah tanaman memiliki sifat alami yang dapat mengusir atau menolak nyamuk karena aroma atau zat kimia yang dihasilkannya. Berikut beberapa tanaman yang diketahui tidak disukai oleh nyamuk:

Lavender (Lavandula). Nyamuk tidak menyukai aroma bunga lavender yang harum. Tanaman ini bisa ditempatkan di dalam rumah sebagai potongan bunga kering atau minyak esensial lavender.

Mint (Mentha). Tanaman ini memiliki aroma yang menyegarkan dan dapat mengusir nyamuk dan dapat ditanam di taman atau dalam pot.

Citronella (Cymbopogon). Tanaman citronella, seperti serai wangi, dikenal karena minyaknya yang digunakan dalam lilin anti-nyamuk. Tanamannya sendiri dapat ditempatkan di sekitar area yang ingin dijaga dari nyamuk.

Basil (Ocimum basilicum). Aroma dari tanaman basil dapat membantu mengusir nyamuk. Kamu dapat menanamnya di taman atau menjaga pot basil di dalam rumah

Lemongrass (Cymbopogon citratus). Serai atau lemongrass memiliki aroma lemon yang kuat. Tanaman ini dapat ditanam di taman atau dalam pot sebagai cara alami untuk mengusir nyamuk.

Bunga Geranium. Bunga Gernaium ini sering disebut bunga tapak dara. Bunga ini bisa ditanam di dinding luar dekat pintu. Kehadiran geranium bisa mencegah  nyamuk untuk menyelinap masuk ke dalam rumah.

Kecombrang. Kecombrang (torch ginger) memang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia sebagai campuran bumbu masakan. Biasanya dipakai sebagai campuran bumbu sayur atau sup bahkan minuman. Kecombrang bisa juga digunakan sebagai tanaman pengusir nyamuk. Aroma yang dimiliki oleh kecombrang terasa asam sehingga para nyamuk akan menjauh dari rumah.

Author

Write A Comment