Grounding listrik pasti sering dengar kan? Biasanya untuk bangunan-bangunan perkantoran atau gedung tinggi  pemasangannya pasti diutamakan. Tapi bagaimana dengan instalasi listrik rumah, apakah penting dipasang grounding listrik? Tentu sama pentingnya karena instalasi listrik adalah komponen penting yang harus ada di setiap rumah.

Pahami dulu bahwa grounding listrik ini berfungsi memberikan perlindungan dan keamanan pada jaringan listrik di seluruh rumah. Untuk perlindungan berarti untuk keselamatan, dimana fungsi grounding sebagai penghantar arus listrik ke bumi / tanah saat terjadi kebocoran listrik sehingga tidak muncul bahaya tersetrum, korsleting bahkan kebakaran. Grounding juga untuk penangkal petir, itulah mengapa pemasangan kabel grounding untuk instalasi rumah dan grounding untuk penangkal petir pemasangannya harus terpisah lokasinya satu sama lain. Pada instalasi listrik rumahan, pentingnya pemasangan grounding listrik tentunya akan melindungi perangkat listrik dari kerusakan. Dapat menstabilkan kembali tegangan serta meminimalisir risiko flashover atau arus yang berlebihan.

Sementara itu ada beberapa cara untuk membuat grounding di rumah, mulai dari menancapkan paku pada tembok / dinding rumah. Lalu paku dililit dengan salah satu ujung kawat arde dan bagian ujung lainnya di pasang pada box MCB di bagian panel arde. Cara ini biasanya terbatas hanya sebagai penyeimbang arus dalam skala kecil. Jadi lebih cocok untuk jangka pendek, dan tidak dianjurkan untuk jangka panjang. Ada yang menggunakan teknik melilitkan kawat arde di pipa ledeng PAM. Ujung pipa ini harus berbahan besi, sehingga yang jadi grounding adalah sekitar tempat yang dilalui pipa tadi. Untuk tahu berfungsi tidaknya instalasi grounding di rumahmu, kamu dapat menggunakan taspen dengan menempelkan ujung taspen pada permukaan perangkat elektronik. Bila taspen menyala itu berarti grounding telah berfungsi dengan baik.

Dalam standart grounding umumnya digunakan pengukuran tahanan maksimal 5 ohm. Angka ini wajib terpasang di instalasi listrik rumah, dan bila mendapatkan hasil dibawah 5 ohm justru lebih baik, dimana risiko kebocoran akan sangat kecil. Sedangkan untuk penangkal petir maksimal 2 ohm, 1 ohm atau 0 pada titik sempurna.

Gunakan teknisi yang memang kompeten untuk melakukan pemasangan grounding listrik di rumah apabila kamu tidak memiliki skill khusus dalam hal pemasangan electricity.

Author

Write A Comment