Memiliki rumah pertama adalah impian banyak orang, namun harga properti semakin hari bukannya semakin murah justru makin meningkat tajam. Bagaimana agar generasi Y dan Z mampu membeli properti ? berikut tips nabung DP rumah pertama :

  1. Tentukan Nominal DP. Lakukan survei rumah yang kamu inginkan, bisa datangi developer atau melalui Property Consultant Galaxy. Sudah tahu rumah mana yang diinginkan maka kamu akan tahu berapa jumlah uang muka (DP) yang dibutuhkan untuk membeli rumah.
  2. Buat Rencana Keuangan. Setelah memutuskan untuk membeli rumah dan akan membayar sejumlah uang muka, segeralah buat rencana keuangan berapa yang harus disaving untuk DP sebaiknya buat rekening khusus sehingga tidak bercampur dengan rekening utama.  Biasanya pihak Bank membebankan biaya DP rumah dengan persentase 20-30% dari harga jual rumah, Jadi kalau rumah seharga Rp 600 juta maka uang muka adalah Rp 180 juta.
  3. Atur Pengeluaran Bulanan. Kurangi pengeluaran yang tidak penting, seperti nongkrong bersama kawan. Kalau biasanya seminggu sekali nongkrong atau ngopi bareng di mall atau cafe, buat menjadi sebulan sekali. Tekannya pada dirimu barang-barang yang dibeli adalah barang yang dibutuhkan (need) bukan hanya sekedar ingin (want).
  4. Coba Investasi Likuid. Mulailah untuk berinvestasi likuid yang mudah dicairkan menjadi uang tunai dalam waktu singkat seperti membeli emas, dan investasi saham likuid. Memang jenis ini memiliki harga yang sifatnya fluktuatif, namun sangat mudah dijual karena banyak orang yang tertarik untuk membelinya.
  5. Cari Pendapatan Tambahan. Tak ada salahnya mengambil pekerjaan sampingan misal usaha katering harian, menjadi fotografer, freelance desainer grafis, membuka rental mobil, dan sebagainya. Uang hasil pendapatan pekerjaan tambahan ini bisa di tabung untuk melunasi DP rumah.
  6. Disiplin Mengatur Keuangan. Kunci dari keberhasilan menabung DP rumah pertama adalah disiplin atur uang masuk dan keluar. Jangan tergoda diskonan sepatu sneaker terbaru dari merk favoritmu, ingin melengkapi koleksi jam tangan di lemari, atau mengganti smartphone dengan tipe terbaru jika HP lama masih bagus kondisinya.

Komitmen yang kuat serta disiplin tadi akan membuat keinginanmu memiliki rumah segera terwujud bukan lagi sekedar mimpi di siang bolong. Segera hubungi property consultant Galaxy untuk menemukan rumah idamanmu yang sesuai buget dan kriteriamu atau hubungi kantor Galaxy terdekat.

Author

Write A Comment