Beberapa waktu lalu Direktur Pengendalian Pencemaran Udara Direktorat Jenderal Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan (PPKL) Kementerian LHK, Luckmi Purwandari menyampaikan bahwa kualitas udara di ibu kota Jakarta di bulan Mei, Juni, Juli, Agustus setiap tahunnya lebih buruk dibanding bulan-bulan lainnya. Pada bulan April sampai September memang musim kemarau dimana bertiup angin timur yang kondisinya kering serta membawa debu dan partikel lebih banyak.

Sementara itu data yang dirilis iqair.com kemarin menyebutkan bahwa Air Quality Index Jakarta naik menjadi rangking ke 3 dari hari sebelumnya masuk dalam urutan ke 4 dari 10 rangking kota kualitas udara yang tidak sehat. Kota Depok masih belum terkalahkan menjadi kota berpolusi buruk pada pagi ini dengan AQI US 194, angka ini lebih rendah dibandingkan AQI US hari sebelumnya di angka 215 atau sangat tidak sehat. Dan kota Surabaya dengan AQI 163. Selain dari asap kendaraan, polusi udara yang memburuk di beberapa kota besar di Indonesia juga ditengarai disebabkan dari polusi industri atau pabrik.

Kualitas udara kota-kota besar di Indonesia makin memburuk, lalu bagaimana langkah riil dari pemerintah dan seluruh masyarakat ? Salah satu langkah strategis pemerintah adalah mengajak masyarakat manfaatkan transportasi umum, berbagi kendaraan, bersepeda, atau berjalan kaki jika memungkinkan. Ini akan membantu mengurangi emisi gas buang dari kendaraan. Pembangunan jalur LRT di jabodetabek menjadi salah satu solusi, dan diharapkan akan disusul oleh beberapa kota besar lainnya. Pemerintah juga mempermudah regulasi kepemilikan kendaraan listrik, baik mobil ataupun sepeda motot. Kamu bisa memilih kendaraan yang lebih ramah lingkungan seperti mobil listrik atau kendaraan dengan emisi rendah.

Disisi lain upaya memulihkan lahan tidak terpakai juga makin ditingkatkan, khususnya untuk pembangunan taman kota, ruang hijau, atau hutan kota sehingga dapat membantu menyerap polusi udara dan meningkatkan kualitas udara di sekitarnya. Pihak pengembang perumahan sekarang ini juga semakin banyak yang peduli dengan isu lingkungan hidup. Kepedulian ini diwujudkan dengan membangun perumahan berkonsep eco green.

Penting untuk diingat bahwa mengatasi polusi udara adalah tugas bersama yang melibatkan berbagai pihak. Semua orang memiliki peran dalam menjaga kualitas udara yang bersih dan sehat untuk masa depan. Jika kamu sedang mencari kawasan perumahan yang asri dengan udara yang bersih dan desain rumah yang ramah lingkungan, segera hubungi Property Consultant Galaxy atau kantor Galaxy terdekat. (AT/2023)

Author

Write A Comment