Bukan rahasia lagi kalau membeli rumah di gang sempit sering tidak lolos persetujuan KPR dari Bank. Karena biasanya bank lebih mudah menyetujui KPR pada perumahan atau kompleks dengan jalan besar yang mudah diakses atau bisa dilewati mobil. Memang tidak pernah ada aturan tertulis atau hitam diatas putih mengenai persetujuan KPR harus rumah yang berada di jalan lebar bukan gang sempit. Namun bank memang melihat rumah tersebut marketable atau tidak, rumah tersebut mudah untuk dipasarkan atau tidak. Untuk syarat persetujuan KPR sendiri minimal dapat dilewati satu mobil atau satu motor secara berlawanan arah.

KPR sulit di rumah gang memang sering dialami, tapi tak semua orang berminat membeli rumah dalam gang sempit walaupun dekat kemana-mana karena akses menuju rumah juga sangat penting. Jika suatu saat terjadi kredit macet dan terhenti maka bank harus menjual kembali rumah itu, sementara kalau di gang sempit juga semakin kecil peluang dijual kembali.

Rumah di gang umumnya juga tak memiliki IMB (ijin mendirikan bangunan) sehingg saat terjadi peristiwa kebakaran rumah-rumah di dalam gang tak bisa dilalui mobil damkar. Bagi yang tetap memilih tinggal di gang karena akses mudah kemana-mana, biasanya akan memilih untuk mengontrak. Kalaupun memilih untuk membeli rumah di gang biasanya akan direnovasi, apalagi generasi muda yang menginginkan rumah dengan konsep desain minimalis dan konsep hidup yang juga minimalis. Apalagi sekarang ini banyak arsitek yang meredesain rumah kecil didalam gang tetap layak huni walaupun dengan luas yang terbatas. Harga jual yang relatif murah memang patut dipertimbangkan.

Yang harus dipertimbangkan jika membeli rumah di gang adalah pastikan legalitas SHM, karena banyak yang statusnya masih HGB (Hak Guna Bangunan). Banyak kasus rumah didalam gang tidak memiliki sertifikat yang sesuai tetapi masih berupa tanah girik.

Apapun kebutuhanmu tentang rumah apalagi mencari rumah pertama, apakah ingin membeli rumah didalam gang atau di perumahan, ingin membeli secara cash atau KPR, kamu bisa langsung menghubungi Property Consultant Galaxy.

Author

Write A Comment