Rumah berukuran kecil memang cocok untuk keluarga muda. Ukuran compact namun dengan desain yang tepat semakin membuat rumah menjadi nyaman. Karena tipe rumah kecil, pihak developer telah mendesain interiornya sedemikian rupa agar tetap terlihat lega dan penghuninya memiliki banyak ruang untuk beraktivitas.

Salah satu yang mendapat perhatian adalah area di bawah tangga. Jika ukuran rumah tidak terlalu luas biasanya dibangun 2 lantai. Dengan ukuran tangga yang tidak terlalu besar, namun tetap nyaman dilewati. Nah area dibawah tangga juga dapat dimaksimalkan, ide kreatif untuk memanfaatkan area bawah tangga adalah dengan menjadikannya ruangan yang memang benar-benar dibutuhkan oleh penghuninya.

Lemari atau Rak Penyimpanan: Pasang rak atau lemari di bawah tangga. Ini adalah cara yang efisien untuk menyimpan barang-barang seperti sepatu, tas, buku, atau barang-barang lain yang biasanya berantakan di rumah. Kamu juga dapat memasang lemari khusus yang dirancang sesuai dengan bentuk tangga.

Meja Kerja atau Ruang Kerja: Jika ada cukup ruang di bawah tangga, kamu bisa menjadikannya sebagai ruang kerja atau meja kerja kecil. Ini adalah tempat yang bagus untuk bekerja, membaca, atau bahkan belajar.

Gudang atau Penyimpanan Tambahan: Kalau membutuhkan lebih banyak ruang penyimpanan, area di bawah tangga bisa menjadi gudang atau penyimpanan tambahan. Ini bisa menjadi tempat yang baik untuk menyimpan alat, peralatan, atau barang-barang yang jarang digunakan.

Area Hiburan: Bila memiliki tangga yang lebar, area dibawahnya bisa jadi area hiburan kecil. Pasang televisi, sofa kecil, atau peralatan hiburan lainnya. Ini bisa menjadi tempat yang nyaman untuk menonton film atau bersantai. Bagi keluarga dengan anak-anak, area di bawah tangga bisa diubah menjadi ruang bermain anak-anak sekaligus tempat menyimpan mainan dan membuat area yang nyaman untuk anak-anak bermain.

Kamar Mandi Kecil: Dalam beberapa kasus, area di bawah tangga bisa dimanfaatkan untuk membuat kamar mandi tambahan atau toilet. Ini sangat berguna jika kamu memiliki banyak tamu atau jika ada anggota keluarga yang membutuhkan akses yang mudah ke toilet.

Taman Dalam Ruangan: Penghuni yang menyukai tanaman dapat menciptakan taman dalam ruangan di bawah tangga. Menanam berbagai tanaman hias dalam pot atau membuat taman kecil dengan berbagai macam tanaman.

Penting untuk mempertimbangkan ukuran dan bentuk tangga serta kebutuhan penghuni sebelum memutuskan bagaimana memanfaatkannya. Selain itu, pastikan kamu telah mempertimbangkan aspek keamanan dan perizinan yang mungkin diperlukan untuk mengubah area tangga menjadi fungsi baru.

Saat ini banyak rumah dari developer telah memanfaatkan secara maksimal area bawah tangga ini. Seperti rumah di Central Park Merr, rumah dari Northwest Citraland, The Grand Kenjeran Surabaya dan masih banyak lainnya. Segera hubungi Property Consultant Galaxy jika kamu sedang mencari rumah dengan desain area tangga yang unik, atau rumah kecil dengan desain interior terkini. (AT/2023)

Author

Write A Comment