Data terakhir dari TripAdvisor 2023 lalu, Pulau Bali menempati posisi teratas sebagai tujuan wisata. Ada lebih dari 15 juta wisatawan asing yang menjadikan Bali sebagai destinasi tahun lalu. Angka ini diperkirakan terus meningkat di tahun 2024, sehingga akan berkontribusi pada prospek gemilang pasar properti Bali. Pembangunan Villa ataupun hotel masih terus berlanjut, saat ini kaum investor tidak melulu menggarap kawasan Kuta dan Seminyak, namun juga melirik kawasan di luar tersebut.

Tony Sugiharto selaku Business Director Galaxy Kuta mengatakan bahwa villa di sekitaran Canggu masih banyak dicari. “Villa di Canggu dengan harga Rp 3 – 5 Mliliar dicari oleh mereka yang masuk kelompok investor, rata-rata pembelinya ini dari Jakarta dan Surabaya”, tambah Tony. Kawasan Canggu yang berada di Kuta Utara, Bali dapat dijadikan tempat yang sangat menyenangkan karena memiliki suasana pedesaan yang masih sangat kental, hampir mirip Ubud. Sementara untuk pantainya, di Canggu berkarakteristik gelombang yang besar yang sangat cocok dijadikan tempat untuk berselancar. Tak heran banyak wisatawan asing yang kita temui sedang membawa papan selancar melintas di Canggu.

Ubud (Gianyar) dan kawasan Kintamani (Bangli) sekarang ini makin laris. Ubud yang ada di area dataran tinggi menyajikan pemandangan terasering padi yang terhampar luas. Selain itu, kawasan terbilang menenangkan dan damai sehingga membuat wisatawan untuk betah menetap di Ubud. Ada sejumlah pembangunan villa yang sistemnya disewakan yang dapat memberikan keuntungan yang lebih untuk masa mendatang. Sedangkan untuk kawasan Kintamani sekarang ini banyak dijumpai Cafe dan Resto yang menjual view pemandangan Gunung Batur. Menurut Pemda Bangli rata-rata ada 17 investor asing yang ingin menanamkan modalnya di Kintamani dan daerah Tembuku.

Peminat properti di Gianyar, Denpasar dan Tabanan juga semakin tinggi. Ada sekitar 18,000 villa pribadi yang tersebar di seluruh penjuru Bali dan akomodasi ini menawarkan liburan yang lebih mewah dan memiliki privasi. Munculnya villa-villa dnegan layanan mewah dan privat ini memang cocok bagi wisatawan yang ingin liburan dalam grup atau bersama keluarga tapi lebih terjaga privasi. Bbiasanya memiliki staf pribadi sendiri yang akan membantu memenuhi segala kebutuhan setiap tamu yang menginap. Villa-villa dengan beragam variasi ukuran dan fasilitas yang dimiliki, beberapa villa menawarkan kolam renang pribadi, spa dan staf in-house, sementara yang lain lebih intim dan sederhana.  Bahkan ada villa resort besar yang mampu melayani grup atau korporat reservasi, dengan beberapa kamar tidur, fasilitas konferensi, dan berbagai fasilitas seperti pusat kebugaran dan kolam renang. Semua pilihan ada di Bali.

Moda transportasi umum yang semakin banyak di Bali juga memudahkan menghubungkan antar beberapa kawasan wisata. Pemerintah Bali menjalankan moda transportasi Trans Metro Dewata yang beroperasi sejak periode covid lalu. Bus ini hadir untuk penunjang mobilisasi masyarakat dan sudah terintegrasi dengan layanan angkutan massal lain. Dan diharapkan untuk meningkatkan lagi minat masyarakat menggunakan angkutan umum sehingga mampu mengurangi penggunaan kendaraan pribadi yang diharapkan mampu mengurangi kemacetan dan polusi udara di Bali. Bali yang lancar tanpa macet pasti memberikan nilai plus bagi wisatawan yang berkunjung kesana.

Perumahan baru dengan konsep cluster kecil juga banyak bermunculan. Kalau sering dikaitkan dengan harga tinggi, justru perumahan-perumahan ini harganya ratusan juta, lebih terjangkau untuk penduduk lokal maupun mereka yang dari luar Bali. Temukan perumahan yang sesuai dengan buget dan kriteriamu, hubungi Kantor GALAXY di wilayah Bali. Kamu akan menemukan sejuta alasan bahwa investasi di Bali tetap menguntungkan. Diskusikan dengan property consultant GALAXY kawasan-kawasan mana yang cocok untuk bisnis dan tempat tinggal jika kamu adalah pebisnis yang sedang mencari lahan untuk dikembangkan. (AT/2024)



Author

Write A Comment