Lebaran sebentar lagi. Kesibukan ibu rumah tangga untuk menyiapkan makanan di hari yang istimewa semakin dekat. Membeli bahan-bahan makanan sudah dilakukan jauh-jauh hari karena libur lebaran berarti banyak pedagang yang menutup lapaknya di pasar untuk merayakan hari kemenangan di kampung masing-masing. Hari-hari seperti sekarang inilah saat yang tepat untuk berbelanja dan menyimpannya di lemari es sehingga tahan lama.

Berikut ini tips simpan makanan buat persiapan lebaran :

  1. Telur. Telur biasanya diletakkan di kulkas di sisi dekat pintu, tapi kalau mau awet kamu bisa menyimpan telur di freezer dalam bentuk sudah terpisah antara kuning dan putih telur. Jika ingin digunakan cukup cairkan dulu semalaman di dalam kulkas.
  2. Daging Ayam. Ayam mentah bisa dimasukkan ke freezer dengan membungkusnya dalam plastik wrap kedap udara. Jika ingin menyimpan ayam dalam potongan per porsi cukup tambahkan potongan jeruk yang sudah dibelah
  3. Simpan dalam wadah. Gunakan wadah penyimpanan yang kedap udara untuk menjaga makanan tetap segar. Pastikan wadah sudah dicuci bersih dan kondisi kering.
  4. Sayur. Untuk sayur-sayuran hampir semua keluarga brokoli, buncis, wortel, asparagus bisa disimpan di freezer setelah direbus sebentar atau dimasak dengan teknik blanching.

Sementara itu untuk makanan yang siap santap atau sudah matang tapi ingin dihidangkan baru beberapa hari kedepan seperti Rendang atau Opor sebaiknya dinginkan terlebih dahulu baru dimasukkan wadah. Saat membungkus makanan pisahkan juga berdasarkan jenisnya, misal rendang diletakkan dalam satu wadah dan opor taruh dalam satu wadah yang berbeda. Tutup rapat, agar aromanya tidak tersebar di dalam kulkas dan bakteri tidak muncul.

Jangan lupa untuk memberi label nama makanan, kapan dibuat dan dimasukkan ke freezer. Pastikan pula suhu freezer harus selalu kurang dari 0 F (atau setara -18 C). Jika nanti makanan ingin dikonsumsi sebaiknya setelah dikeluarkan dari freezer diletakkan di kulkas bagian bawah (refrigerator) atau microwave. Ingat, makanan yang sudah dilumerkan tidak boleh dibekukan kembali ya. Selamat menyambut Lebaran !

Author

Write A Comment