Di bulan Ramadhan setiap umat muslim wajib berpuasa, menahan lapar dan dahaga hampir 14 jam. Namun rutinitas tetap berlangsung, mulai bekerja, mengurus rumah, dan sebagainya. Lalu bagaimana menjaga kebugaran tubuh di bulan ramadhan ini agar aktivitas tidak terganggu? Berikut ini sejumlah tipsnya :

  • Jangan lewatkan makan sahur karena sahur membantumu menjaga stamina selama puasa. Untuk menu sahur perbanyak makanan berserat seperti buah dan sayur. Sahur adalah amalan sunnah di bulan suci Ramadhan, jadi selain bisa menambah energi selama seharian puasa, juga ada keberkahan dalam aktivitas sahurmu
  • Tidak berlebihan makan saat berbuka. Makan berlebihan justru memperlambat pencernaan, bahkan bisa menyebabkan perut terasa kembung. ¬†Usahakan makan secukupnya, mulailah berbuka dengan makanan kecil dan perbanyaklah minum air putih
  • Kurangi makanan manis, asin dan berlemak saat sahur, karena sifatnya menarik cairan tubuh lalu gampang kencing. Kalau banyak kencing justru akan cepat haus. Makanan jenis itu juga akan memyebabkan rasa lelah
  • Tetap lakukan aktivitas fisik untuk menjaga kondisi tubuh, seperti berjalan kaki, naik sepeda, senam ataupun aktivitas lainnya selama 30 menit
  • Tidurlah yang cukup, jangan begadang
  • Konsumsi protein yang cukup, karena saat puasa terjadi penyusutan otot pada tubuh. Protein ini bisa didapatkan dari telur, daging atau ikan tanpa lemak, kacang-kacangan dan susu rendah lemak. Makanan kaya protein dari kacang-kacangan menurut penelitian akan meningkatkan rasa kenyang lebih banyak, karena lebih banyak mengandung serat
  • Konsumsi suplemen untuk membantu kebutuhan nutrisi harian, mulai vitamin c, vitamin D, vitamin B12, zat besi dan kalsium. Vitamin C tidak di produksi oleh tubuh sehingga asupan harian didapat dari suplemen. Vitamin B Kompleks juga dibutuhkan untuk memperlancar metabolisme tubuh. Konsumsi Zinc karena zinc bertugas mengatur ratusan enzim yang membantu proses metabolisme tubuh kita
suplemen untuk kebutuhan vitamin sehari-hari
Author

Write A Comment