Pasti sudah akrab dengan istilah men sana in corpore sano, yaitu di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Betul sekali, kesehatan raga berpengaruh besar dalam jiwa diri kita. Tentu kita ingin tubuh kita sehat terus karenanya olahraga rutin sangat diperlukan. Untuk sehat tidak selalu harus pergi ke Gym (pusat kebugaran), kamu bisa membuat ruang olahraga di dalam rumah. Jangan khawatir walupun rumahmu tidak terlalu luas ruang ini tetap bisa kamu wujudkan. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat kamu ikuti untuk membuat ruang olahraga pribadi di rumah:

Maksimalkan Sudut Kosong. Kalau ada area di rumah yang jarang digunakan walaupun ukurannya tidak terlalu besar, nah ini bisa digunakan untuk ruang olahraga pribadi. Pastikan sudut ini mempunyai jendela / ventilasi yang cukup, sehingga sirkulasi udara tetap terjaga saat kamu berolahraga. Selain di dalam rumah, kamu juga bisa memaksimalkan area teras (outdoor) karena olahraga di area terbuka bikin pikiran makin jernih.

Tentukan Tujuan Berolahraga. Apakah kamu ingin fokus pada kardio, kekuatan, yoga, atau latihan lainnya? Tujuan ini akan membantumu memilih peralatan yang sesuai. Jika menyukai Yoga kamu bisa mendesain ruangan kecil ini lebih menenangkan. Kamu bisa meletakkan cermin besar agar mengetahui postur tubuh saat melakukan berbagai pose yoga, memilih yoga mat sesuai konsep ruangan dan meletakkan essentsial oil untuk membuat aktivitas yoga benar-benar membuat keseimbangan atara jiwa dan ragamu terwujud.

Pilih Peralatan yang Sesuai. Sesuaikan peralatan olahraga dengan tujuan olahraga. Misalnya, treadmill, sepeda statis, dumbell, kettleball bahkan pullbar versi portable. Pertimbangkan peralatan dasar seperti matras yoga, tali skipping, bola kecil, dan lain-lain. Tidak perlu selengkap tempat Gym diluar sana, namun cukupkan dengan peralatan kecil yang akan membantu dirimu tetap bugar.

Penyimpanan yang Tepat. Alat-alat yang kamu gunakan haruslah tidak memakan banyak tempat namun ingat pula setelah digunakan bisa langsung disimpan rapi. Aturlah peralatan olahragamu agar mudah diakses dan aman. Rak dan pegangan dinding bisa sangat membantu.

Author

Write A Comment