Apa kamu sebagian dari orang yang ingin menjual rumah tapi sampai awal 2023 ini belum laku juga? Menjual rumah memang memerlukan strategi agar lebih menarik sama seperti ketika menjual pakaian atau aksesoris. Sifat properti itu tidak likuid, sehingga butuh proses kalau ingin menjualnya untuk jadi uang tunai. Kalau rumahmu belum laku dijual sampai sekarang bisa jadi ini sejumlah penyebabnya :

Kondisi tidak terawat. Sebesar apapun rumah yang mau kamu jual kalau tidak terawat dan berantakan pasti membuat orang tidak tertarik untuk melihat. Pohon-pohon berdaun lebat, rumput tinggi, tembok pagar mengelupas, dan sebagainya. Masuk ke dalam rumah melihat ada bekas rembesan hujan di dinding, ada plafon yang lepas, lantai yang kusam, dan sebagainya tentunya calon pembeli akan tidak tertarik.

Harga jual rumah yang terlalu tinggi. Biasanya diawal menetapkan harga rumah terlalu tinggi dengan harapan saat proses tawar menawar turunnya tidak terlalu banyak. Strategi ini tidak selamanya berhasil malah membuat calon buyer mundur teratur bahkan tidak lakukan penawaran. Sebaiknya lakukan riset soal harga pasar rumah yang berada di lokasi yang sama dengan milikmu.

Lokasi tidak stategis. Bisa jadi rumah dekat dengan berbagai fasilitas publik namun akses menuju rumah harus melewati jalan yang sempit banyak portal dan dekat dengan pembuangan sampah atau makam. Kalau ini yang terjadi biasanya calon buyer enggan membeli di lokasi yang semacam ini.

Desain kuno. Tren arsitektur rumah dari waktu ke waktu memang berubah, bisa jadi rumah yang kamu jual sekarang desainnya jadul (baca:kuno) sehingga tidak diminati karena saat ini yang laku dipasaran rumah berdesain modern minimalis, dan industrialis.

Tidak menggunakan property consultant Galaxy. Ada banyak orang yang memilih menjual sendiri rumah atau propertinya tanpa bantuan dari seorang agen atau broker karena tidak mau memberikan komisi. Padahal ada sejumlah keuntungan menggunakan jasa property consultant Galaxy. Seperti penentuan harga bisa realistis, karena menggunakan comparative market analysis. Kamu juga tak perlu repot beriklan karena akan dikerjakan oleh property consultant Galaxy termasuk tidak perlu pusing menjawab telpon atau membalas satu persatu pertanyaan para buyer.

Tak perlu ragu menghubungi Property Consultant Galaxy jika ingin menjual atau menyewakan rumah dan propertimu yang lain seperti ruko, tanah, serta apartemen. Kamu juga bisa menghubungi kantor Galaxy terdekat. (AT/2023)

Write A Comment