Dalam era di mana teknologi semakin canggih, layanan keuangan digital khususnya pinjaman online telah menjadi pilihan yang menarik bagi anak muda di Indonesia. Namun fenomena ini juga memunculkan beberapa masalah, termasuk tingginya tingkat anak muda yang terjerat dalam utang pinjaman online (pinjol). Peningkatan permintaan terhadap pinjaman online tidak terlepas dari kemudahan akses yang ditawarkan. Dengan hanya beberapa klik di ponsel mereka dapat mengajukan pinjaman tanpa harus melalui prosedur rumit seperti di lembaga keuangan tradisional.

Hal ini tidak hanya terjadi di Indonesia, namun juga di Amerika Serikat dimana produk pinjaman online atau Buy Now Pay Later (BNPL) mencapai angkai 51,6% atau setara dengan US$ 2.133 Juta. Kaum muda ini menghabiskan rata-rata US$ 1.692 (hampir Rp 26 juta) melalui fitur BNPL ini. Popularitas pinjol ini melebihi popularitas credit card, karena transaksi rata-rata kartu kredit hanya di Rp 22,76 Juta. Di Indonesia sendiri dari data Otoritas Jasa Keuangan (OJK) jumlah outstanding amount atau jumlah utang yang belum terbayarkan dari BNPL sebesar Rp 25,16 triliun per semester I-2023. Sementara untuk kredit macet atau non performing loan (NPL) sebesar Rp 2,15 triliun.

Lalu bagaimana solusi agar anak muda tidak terjerat pinjaman online?

Perlu ada pendidikan keuangan / literasi keuangan. Sekolahdan lembaga pendidikan dapat memasukkan kurikulum yang mencakup manajemen keuangan pribadi, pemahaman suku bunga, dan dampak dari pengelolaan utang. Pendidikan ini dapat membantu mereka membuat keputusan finansial yang lebih bijak. Masyarakat, pemerintah, dan lembaga keuangan dapat bekerja sama dalam kampanye literasi keuangan. Melalui media sosial, seminar, dan kampanye publik, informasi tentang risiko dan manfaat pinjaman online dapat disampaikan dengan jelas sehingga meningkatkan kesadaran anak muda tentang konsekuensi finansial dari pinjaman online.

Program Bimbingan Keuangan. Program ini dapat membantu anak muda mengembangkan keterampilan keuangan mereka. Konselor keuangan dapat memberikan nasihat pribadi tentang manajemen anggaran, pengelolaan utang, dan perencanaan keuangan jangka panjang. Ini dapat membantu anak muda membuat keputusan yang lebih baik terkait keuangan mereka.

Teknologi untuk Pemantauan Keuangan. Pengembangan aplikasi atau platform teknologi yang membantu pemantauan keuangan pribadi dapat membantu anak muda mengelola uang mereka dengan lebih efektif. lewat applikasi ini dapat memberikan peringatan jika ada potensi risiko utang yang tidak terkendali atau memberikan saran tentang bagaimana mengelola keuangan secara lebih bijak.

Regulasi yang Kuat. Pemerintah dan otoritas keuangan perlu memperkuat regulasi terkait pinjaman online. Persyaratan yang jelas, suku bunga yang terukur, dan perlindungan konsumen yang kuat akan membantu menciptakan lingkungan di mana penyedia pinjaman online harus beroperasi dengan transparan dan bertanggung jawab.

Salah satu faktor yang mendorong anak muda terjerat pinjaman online adalah kurangnya pemahaman tentang persyaratan dan suku bunga yang terkait. Mereka ini buru-buru dalam mengambil keputusan, gak paham sepenuhnya konsekuensinya terutama terkait dengan biaya yang mungkin timbul dalam jangka panjang. Disinilah tingkat kesejahteraan dan literasi keuangan memainkan peran penting. Anak muda yang kurang berpengetahuan tentang manajemen keuangan dapat lebih rentan terhadap pinjaman online yang dapat menyebabkan mereka terjebak dalam siklus utang.

Anak-anak muda agar tidak terjerat pinjol adalah harus tetap produktif dan mandiri finansial, selain itu solusinya adalah bergabung bersama Galaxy. Menjadi property consultant Galaxy dengan income dua digit itu sudah biasa tapi di Galaxy kamu juga bisa mendapatkan income ratusan juta. Tidak harus punya pengalaman di bidang properti karena akan dibimbing langsung oleh Leader yang berpengalaman. Dan banyak kelas upgrade skill gratis bisa didapat oleh agen yang baru bergabung. Berbisnis properti tidak perlu menunggu usia tua, justru di usia muda inilah ilmu properti harus dikuasai. Peluangmu untuk punya kantor properti sendiri dengan modal minim juga bisa diwujudkan. Langsung saja hubungi kantor Galaxy terdekat untuk informasi lebih lanjut atau klik Join. (AT/2023)

Author

Write A Comment