Desain bergaya modern tropical merupakan salah satu desain yang selalu diminati. Di negara tropis seperti Indonesia memang sangat memungkinkan mengaplikasikan desain ini pada hunian. Selain itu ada banyak hal menguntungkan yang didapat dengan menghadirkan desain modern tropis di rumah, yakni :

  1. Hadirkan Suasana Nyaman dan Santai. Rumah dapat dijadikan sebagai tempat bersantai setelah bekerja seharian. Dengan desain dan gaya interior modern tropis rumah menjadi tempat yang nyaman dan santai.
  2. Penghijauan dalam rumah. Hunian dengan konsep tropical pastilah menghadirkan tanaman sebagai pelengkap. Ornamen dekorasi yang enak dipandang dan membuat udara segar karena menyerap polutan baik tanaman indoor maupun outdoor. Tempatkan lidah mertua, palem hias, agave, kembang sepatu, amarilis, monstera dan lain-lain untuk memperindah rumah bergaya modern tropis.
  3. Hadirkan suasana liburan di rumah. Salah satu kelebihan desain modern tropis adalah membuat penghuni seperti menikmati suasana liburan. Dengan elemen tanaman, kursi dan gantungan lampu yang pas akan mengingatkan Anda akan suasa pantai yang tenang dan nyaman.
  4. Unsur alam sebagai elemen interior. Desain interior sangat kental dengan unsur alam seperti warna hijau, coklat dan krem. Kemudian penggunaan material interior seperti kayu, bambu, rotan dan batu alam semakin memberikan kesan natural. Pilih juga perabotan handmade yang alami dan sustainable untuk memberikan suasana yang otentik tropis.
  5. Mendatangkan suasana outdoor ke dalam rumah. Jika rumah tidak memiliki halaman belakang suasan outdoor tetap bisa ditampilka di dalam dengan mendekorasi ruangan dengan elemen tropis, furniture kayu atau motif wallpaper, sarung bantal dan lain-lain. Memasukkan elemen tropis ke dalam rumah akan menghilangkan kesan dingin dan kaku.

Desain modern tropis menjadi respons terhadap masalah iklim. Cahaya matahari yang berlimpah di negara kita dapat memaksimalkan penerangan, sementara angin yang segar sebagai pengudaraan penyejuk ruang dalam rumah. Tak heran jika desain semacam ini mengedepankan bukaan alami sebanyak mungkin, dan sebaliknya pemakaian beton dibuat seminimal mungkin.

Banyaknya cahaya yang masuk ke rumah melalui area yang terpapar langsung oleh cahaya biasanya diatasi dengan menerapkan aplikasi secondary skin. Terutama pada dinding yang membatasi ruang dalam dan ruang luar. (AT/2021)

Write A Comment