Bagi keluarga muda yang memilih membeli rumah tipe 36 dengan luasan sekitar 72 meter persegi, permasalahan yang dialami seringkali adalah soal mendekorasi rumah agar terlihat luas. Kamu bisa memaksimalkan ruangan didalam rumah dengan beberapa cara antara lain :

Warna Cerah Untuk Dinding. Cara klasik ini sangat efektif untuk membuat kesan luas dan lapang pada ruangan. Dengan mengaplikasikan cat warna putih dan warna cerah lainnya di area ruang tamu atau kamar tidur. Jika menggunakan cat warna gelap memang ruangan terkesan lebih nyaman namun terlihat ruangan semakin kecil. Warna gelap juga menyerap pencahayaan sehingga ruangan terlihat lebih suram.

Hangat dan nyaman dengan warna putih seperti pada style Scandinavian interior

Manfaatkan Cermin. Memasang cermin di ruangan yang agak sempit, dapat memberikan kesan ruangan yang lebih luas daripada aslinya. Gantungkan beberapa cermin berukuran sedang dan letakkan bersebelahan. 

Furnitur Multifungsi. Dalam ruangan yang terbatas, sebaiknya pilih kabinet atau meja multifungsi. Misal didalam ruang tidur, pilih yang ada laci di bawahnya sehingga dapat difungsikan sebagai tempat penyimpanan. Area dibawah tangga juga bisa dimanfaatkan sebagai storage, atau tangga rumah bisa dibuat custom berbentuk laci di 3 anak tangga paling bawah.

Area bawah tangga dimanfaatkan untuk storage

Lantai Berpola strip. Kamu pasti tahu kalau pola garis vertikal akan membuat seseorang terlihat lebih tinggi. Ilusi mata seperti ini juga bisa diaplikasikan di ruangan. Gunakan jenis keramik bermotif vertikal atau karpet berpola vertikal untuk memberikan kesan ruangan lebih panjang.

Jendela dan Tirai Besar. Pencahayaan didalam rumah tentu harus optimal, untuk itu dibutuhkan jendela atau bukaan yang besar dengan tirai-tirai yang diletakkan cukup tinggi.

Hilangkan Pintu Pemisah. Pintu ini bukanlah pintu utama, apabila ada pintu yang memisahkan ruang tamu dengan ruang makan misalnya sebaiknya dihilangkan saja, atau cukup diganti dengan sekat / partisi. Sekat ini dapat memanfaatkan bambu, besi ringan, tanaman, dan lain sebagainya.

Author

Write A Comment