Proyek Jalur Luar Lingkar Barat (JLLB) terus dikebut pengerjaannya. Jalan Lingkar Luar Barat ini diharapkan menjadi solusi akan ketimpangan masalah kemacetan di ruas jalan utama di Kota Surabaya. Bulan Desember 2022 lalu pemasangan crossing rel JLLB sisi kawasan Sememi telah tersambung. Sementara tahun 2023 ini ditargetkan tambahan 1,9 Kilometer lagi termasuk pembangunan jembatan pada simpang sebidang Romokalisari. JLLB memang sudah lama ditunggu karena dianggap bisa membantu mengurai kemacetan di wilayah Surabaya Barat yang semakin hari makin padat. Harga tanah di wilayah ini melambung cukup tinggi, dan kehadiran JLLB tentu akan membuat Surabaya barat menjadi kota baru termasuk kawasan Gresik yang berbatasan dengan kawasan ini akan terpengaruh.

Keberadaan JLLB berpotensi untuk mengembangkan sejumlah perumahan di kawasan ini seperti Ciputra Grup yang mengembangkan kawasan Citraland Surabaya dengan CBD (Central Business District) seluas 35 hektare. Tidak hanya rumah namun juga bangunan komersial SOHO dan apartement, mengingat di dekat kawasan tersebut ada kampus yang pangsa pasar huniannya meningkat terus setiap tahunnya.

Sementara itu pengembang lain seperti Hutomo Group membangun Perumahan modern Mansion Nine yang letaknya selangkah dari JLLB. Dilengkapi dengan taman bunga, kids playground, outdoor gym dan berbagai fasilitas lainnya. Lokasinya sangat strategis dekat dengan berbagai area komersial dan area pendidikan. Area ini juga tidak jauh dari akses Tol Driyorejo.

Amega Development juga turut mengembangkan kawasan sekitar JLLB ini di lahan seluas 38 Ha, dengan membangun perumahan Amega Westparc. Bahkan pihak developer menggandeng arsitek terkemuka Alex Bayu (Genius Loci) untuk mendesain rumah dengan konsep modern. Dilengkapi area komersial dan boulevard jalan selebar 15 meter. Area ini nantinya dilengkapi fasilitas club house, thematic park, education park, community street park, dan sebagainya.

Pemkot Surabaya juga berencana membangun area balap bertaraf internasional di sekitar Gelora Bung Tomo Surabaya Barat, sehingga makin lengkaplah fasos dan fasum dikawasan ini. Setiap fasilitas sosial dan fasilitas umum yang terbangun nantinya akan mengundang perkembangan ekonomi kawasan ini.

Temukan rumah idamanmu di kawasan Surabaya Barat yang berdekatan dengan JLLB, hubungi property consultant Galaxy atau kantor Galaxy terdekat. (AT/2023)

Write A Comment