Keberadaan pintu di sebuah rumah sangatlah penting. Diluar pagar utama, pintu-pintu didalamnya juga harus menjadi perhatian. Selain untuk estetika dari setiap ruangan yang ada didalam rumah, tentunya keberadaan pintu untuk urusan keamanan.

Pintu rumah terdiri dari beberapa komponen penting untuk memastikan keamanan, fungsionalitas, dan estetika. Beberapa komponen pintu rumah yang penting meliputi:

Daun Pintu (Door Leaf). Bagian utama pintu yang dapat dibuka dan ditutup. Material dan konstruksi daun pintu memainkan peran penting dalam keamanan dan isolasi termal. Jenis pintu yang paling banyak digunakan di rumah Indonesia adalah pintu sayap atau swing door. Di perumahan modern sering dipakai karena memberikan kesan rapi dan bersih. Ada juga pintu panel merupakan jenis pintu yang terdiri dari beberapa bagian panel atau papan yang ditempelkan pada frame atau rangka pintu. 

Frame Pintu (Door Frame). Struktur rangka yang mendukung dan memegang daun pintu. Frame pintu biasanya terbuat dari kayu, logam, atau bahan komposit. Kusen yang terbuat dari material kayu bahan dasarnya selalu diperbarui. Sifatnya yang fleksibel dan mudah dibentuk juga dapat dipadukan dengan gaya apapun, sehingga rumah dapat terlihat natural.

Engsel (Hinges). Komponen yang memungkinkan pintu berputar saat dibuka atau ditutup. Engsel dapat terbuat dari logam dan biasanya dipasang di bagian sisi pintu dan frame. Ada yang namanya engsel kupu-kupu, merupakan engsel tipis yang terbuat dari material besi atau kuningan. Kamu bisa menemukan engsel jenis ini di pasaran dengan ukuran 1,5-4 inci. Dinamakan kupu-kupu karena engsel ini memiliki bentuk mirip kupu-kupu. 

Kunci dan Handle (Lock and Handle): Untuk keamanan, pintu dilengkapi dengan kunci dan handle. Kunci dapat berupa kunci tradisional atau sistem kunci modern, seperti kunci elektronik.

Kerangka Pintu (Door Jamb): Bagian vertikal yang mengelilingi daun pintu dan terhubung dengan frame pintu. Kerangka pintu mendukung pintu ketika ditutup dan memberikan keamanan tambahan.

Penutup Pelat (Strike Plate): Pelat logam yang terpasang di kerangka pintu tempat kunci masuk. Ini membantu menjaga keamanan dan integritas pintu saat dikunci.

Karet Penutup (Weather Stripping): Digunakan untuk mencegah masuknya udara, debu, dan air ke dalam rumah. Ini terutama penting untuk menjaga isolasi termal dan kebersihan dalam rumah.

Kaca atau Panel Hias (Glass or Decorative Panels): Jika pintu memiliki panel kaca atau elemen dekoratif lainnya, itu dapat memberikan pencahayaan tambahan dan nilai estetika.

Semua komponen ini bekerja bersama untuk menciptakan pintu yang kuat, aman, dan sesuai dengan kebutuhan fungsional serta gaya desain rumah.

Author

Write A Comment