Kebutuhan air bersih saat memilih tinggal di perumahan pastilah jadi prioritasmu. Begitu juga dengan pihak developer, karena air berhubungan dengan keberlangsungan hidup penghuni penghuni yang telah sepakat membeli rumah disana. Saat ini salah satu solusi untuk ketersediaan air di perumahan adalah melalui Water Treatment Plant (WTP) yang memungkinkan perumahan memiliki sumber air bersih mandiri.

WTP atau yang sering disebut Instalasi Pengolahan Air (IPA) difungsikan untuk mengolah air dari kualitas baku yang kurang bagus agar menghasilkan kualitas air pengolahan standar mutu yang siap dikonsumsi. Biasanya sistem ini digunakan di sektor industri tekstil, makanan minuman, kertas sampai dengan sektor kesehatan yakni rumah sakit. Sumber airnya dapat diambil dari sungai, danau atau sumur yang punya tingkat kedalaman sesuai standar.

Untuk memproses air kualitas baku menjadi air bersih memang diperlukan sejumlah tahapan, mulai dari pengambilan air pada sumber, pre sedimentasi basing, koagulasi, flokulasi, filtrasi, netralisasi, sampai di distribution tank. Cukup panjang memang, dan semua itu tergantung pada kualitas air yang akan diolah.

Dari sisi kualitas air minum maka hasil dari pengolahan air adalah air minum yang memenuhi standar kualitas air minum yang ditetapkan oleh otoritas kesehatan dan lingkungan setempat. Biasanya kriteria yang diperhatikan adalah tingkat kekeruhan, kadar bahan organik, kadar klorin, dan lain-lain. Sementara air yang telah diolah lalu di distribusikan melalui sistem pipa air yang kompleks ke setiap rumah atau unit di perumahan. Sistem ini juga mencakup tangki penyimpanan air untuk memastikan pasokan air yang cukup selama periode permintaan tinggi.

Pengelolaan Water Treatment Plant di perumahan dari sisi biaya memang membuat biaya operasional menjadi signifikan. Namun, itu juga memberikan manfaat penting yaitu pasokan air minum yang aman dan kualitas air yang baik bagi penduduk perumahan. Pihak developer harus tunduk pada pengawasan ketat oleh badan pengatur atau otoritas kesehatan setempat untuk memastikan bahwa air minum yang disediakan aman dan memenuhi standar yang sudah ditetapkan.

Buat kamu yang sedang mencari perumahan yang sudah memilik WTP segera hubungi Property Consultant Galaxy atau kantor Galaxy terdekat.

Author

Write A Comment