Pasti sering dengar istilah NUP setiap melihat promo penjualan rumah dari developer. NUP atau Nomor Urut Pemesanan ini semacam tanda masuk prioritas bagi calon pembeli potensial dari properti yang dijual agar mendapatkan harga yang spesial. Developer memang menggunakan strategi ini untuk memberi keistimewaan ke calon pembeli. Dengan menggunakan sistem NUP ini sebenarnya pihak developer ingin mengetahui bagaimana kondisi pasar. Mereka akan mengetahui respon pasar atas proyek perumahan yang sedang dibangun, apabila pasokan unit tidak sebanyak permintaan tentu kedepannya akan menghambat pembangunan proyek tersebut. Demikian juga bila permintaan sedikit, tentu akan ada langkah-langkah strategis pemasaran yang harus segera disesuaikan.

Nomor Urut Pemesanan ini biasanya dikeluarkan oleh developer sebelum dilakukan launching untuk unit yang akan dibangun. Harga NUP yang ditetapkan oleh masing-masing developer ini tentunya berbeda-beda, ada yang Rp 5 juta ada yang Rp 10 Juta. Sementara untuk rumah mewah bisa mencapai Rp 25 juta. Biasanya setelah calon pembeli memberikan uang tanda minat ini atau sudah mendapatkan NUP maka mereka harus ikut serta dalam acara pilih unit yang digelar developer. Dalam event pemilihan unit, pemilik NUP akan mendapat giliran masing-masing untuk dapat memilih unit yang ingin dibeli.

Modern housing estate

Dalam pemilihan unit ini, pemegang NUP bisa saja membatalkan membeli unit yang diinginkan, dan biasanya ada pengembalian uang pembelian NUP yang segera diproses. Ada pula sejumlah developer yang memiliki aturan tentang uang NUP ini tidak dapat dikembalikan meskipun ada pembatalan pembelian. Hal inilah yang harus kalian cari tahu dengan detail dari pihak penjual, apabila membeli lewat kantor broker atau langsung melalui pihak developer. Untuk yang tergesa-gesa ingin menghuni rumah baru maka sistem NUP ini memang tidak sesuai, karena biasanya pembangunan baru dilakukan 1 tahun kemudian. Properti yang dipasarkan ini juga belum ada unit rumahnya, jadi masih berupa gambar desain.

Temukan berbagai properti yang menjadi idaman baik rumah baru dari developer atau rumah seken, segera hubungi Property Consultant Galaxy untuk informasi lebih lanjut atau hubungi kantor Galaxy terdekat.

Author

Write A Comment