Pernikahan adalah cita-cita mayoritas orang, jika kita sudah mantap dengan pasangan pastilah segera dilangsungkan. Begitu pula dengan punya rumah sendiri, juga menjadi cita-cita penting, apalagi kalau ingat setiap tahunnya harga properti mengalami kenaikan. Kalau ditanya sebaiknya nikah dulu atau membeli rumah terlebih dahulu, ini adalah dua pilihan sulit. Akan tetapi jawaban dari pertanyaan tadi tentunya sangat tergantung dari situasi kamu hari ini.

Tak ada salahnya untuk melihat kembali kondisi diri saat ini, mulai dari gaji yang di dapat tiap bulan, apakah ada hutang rutin yang harus dibayarkan, apakah ada mimpi atau keinginan yang lebih penting daripada menikah dan beli rumah yang ingin terwujud? Misal hobi traveling, membeli mobil impian dan lain sebagainya. Tujuan keuangan juga harus jelas. Saat berencana menikah, tanyakan pada diri sendiri dan pasangan apakah akan tinggal sendiri atau tetap ikut orangtua ? Jika pilihannya tinggal sendiri, kamu harus mempersiapkan dengan baik tentunya rencana membeli rumah tersebut.

Nah kalo kamu pilih beli rumah dulu keuntungannya adalah kamu bisa punya rumah sendiri setelah menikah tidak perlu menumpang orang tua atau mertua. Ingatlah bahwa harga properti naik terus, toh jika beli rumah sekarang dan tidak kamu tempati tetap bisa menghasilkan, yakni dengan cara disewakan. Bisa untuk menambah pendapatan bulanan, apalagi biaya-biaya setelah menikah pasti cukup besar.

Jika kamu memilih menikah dulu tapi belum punya rumah, maka kamu harus berbesar hati untuk tinggal terlebih dahulu dengan mertua atau orang tua. Sehingga dana yang kamu miliki bisa digunakan untuk hal lain. Kondisi finansial jadi lebih longgar, dan kamu bisa gunakan join income bila kamu dan pasangan bekerja dan memutuskan beli rumah. Hal ini bisa membantu lebih besar kemungkinannya permohonan kreditmu dikabulkan oleh pihak Bank. Join income ini juga membantu memperluas opsi pilihan properti yang bisa di pilih untuk KPR.

Segera hubungi property consultant Galaxy bila ingin menemukan rumah idamanmu yang sesuai budget, atau hubungi kantor Galaxy terdekat (AT/2023)

Author

Write A Comment