Bagi Anda yang memiliki rencana untuk membeli apartemen untuk investasi properti, ada beberapa hal yang wajib diketahui agar investasi jadi lebih potensial dan menguntungkan karena investasi apartemen berbeda dengan rumah. Pahamilah bahwa jika membeli rumah maka tanah dari rumah yang Anda beli akan naik terus secara signifikan. Namun untuk nilai bangunan akan menyusut seiring waktu karena usia bangunan akan terus bertambah. Apabila berinvestasi di apartemen justru nilai yang paling diharapkan adalah dari bangunannya, sehingga agar investasi apartemen menguntungkan ada beberapa tips yang harus diperhatikan:

  1. LOKASI. Lokasi memang sering menjadi pertimbangan pertama ketika mendengar sebuah proyek apartemen. Sebaiknya memang pililh lokasi yang strategis dan dekat dengan pusat bisnis, tol, sekolah, dan lokasi penting lainnya. Sehingga dengan demikian potensi kenaikan harga apartemen yang Anda miliki akan semakin tinggi.
  2. BELI DIMASA PRE LAUNCHING. Membeli apartemen saat developer melakukan pre launch adalah waktu yang tepat. Semakin awal Anda membeli maka harganya akan semakin murah, berbeda ketika Anda membelinya saat proyek apartemen sudah hampir selesai atau sudah selesai dan dilaunching, karena harganya bisa mencapai 2x lipat.
  3. FASILITAS. Dalam investasi apartemen, fasilitas menjadi hal penting selain lokasi. Anda tentu ingin apartemen memiliki fasilitas yang memadai, mampu memberikan kemudahaan dan kepuasan bagi penghuninya. Apalagi nantinya unit milik Anda akan disewakan ke orang lain, tentunya dengan fasilitas yang memadai akan menjadi nilai plus.
  4. VIEW UNIT. Setiap unit memiliki view yang berbeda-beda, bisa city view atau pool view. View ini menentukan harga jual ketika apartemen itu sudah selesai. Arah hadap juga menjadi catatan, menghadap ke barat, timur, utara atau selatan. Karena ada orang-orang tertentu yang lebih menyukai timur daripada barat, karena barat dianggap terlalu panas.
  5. LAHAN PARKIR. Lahan parkir dalam area apartemen biasanya menyesuaikan dengan unit yang tersedia. Anda juga harus menanyakan hak-hak pemilik unit, apakah diberikan jatah 1 mobil dan 1 motor, dan bagaimana jika memiliki lebih dari satu mobil, berapa yang harus dibayar.
  6. SERVICE CHARGE. Selain urusan parkir, cari tahu tentang service charge atau biaya perawatan bulanan wajib Anda. Untuk perhitungan service charge biasanya menghitung setiap meter persegi, lalu akan dikalikan berapa meter persegi luas bangunan dari unit apartemen Anda. Biaya perawatan ini dikenakan terhadap fasilitas yang disediakan seperti keamanan, kebersihan, air, listrik, internet, dll. Sejumlah apartemen membebankan biaya pengelolaan atau service charge tahunan yang harus dibayarkan pemilik sesuai unit yang dimiliki.

Untuk memudahkan Anda mencari apartemen yang tepat, segera hubungi Property Consultant Galaxy atau kantor Galaxy terdekat.

Write A Comment